Banyak Kecurangan, BPP Jatim Tuntut Lakukan PSU

josstoday.com

Ketua BPP Jatim, Soepriyatno. (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Badan Pemenangan Provinsi (BPP) Prabowo-Sandi Jawa Timur menuntut agar dapat dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di seluruh wilayah Jatim. Hal itu ditegaskan oleh Ketua BPP Jatim, Soepriyatno, saat ditemui di Rumah Pemenangan BPP Jatim, Surabaya, Kamis (16/5/2019).

Ia menjelaskan, jika tuntutan itu disampaikan kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) karena banyak ditemukan kecurangan.

"Ada beberapa catatan dari kami, pertama DPT bermasalah di Jatim 7,644 juta. Itu tidak diproses oleh KPU. Ini DPT bermasalah menyangkut invalid maupun yang ganda," kata Soepriyatno.

Ia menjelaskan, jika kecurangan DPT itu berupa memanipulasi data pemilih. Sehingga, ditemukan ada pemilih ganda, Kartu Keluarga (KK) yang berisi ratusan anggota keluarga, dan ada warga yang berusia 400 tahun.

Tak hanya itu, pria yang juga Ketua DPD Gerindra Jatim itu menambahkan, hal aneh lainnya ada perbedaan jumlah DPT dari Pilgub Jatim dengan Pilpres yang lebih dari lima juta DPT.

"Catatan kedua partisipasi masyarakat. Masa Pilgub Jatim 2018 partisipasi masyarakatnya 20,3 juta, sekarang pilpres 25,550 juta. Artinya, nambah 5 juta dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Masuk akal enggak kira-kira?," pungkasnya

Ia menilai jika Pilpres kali ini penuh dengan intrik untuk memenangkan pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin dengan menggunakan cara-cara yang tidak demokratis. Seperti, mengerahkan kepala daerah hingga aparat untuk mengamankan posisi, padahal aparat-aparat ini dituntut untuk netral. (ais)

Pilpres 2019 BPP Jatim Prabowo Sandi