Buah Nipah Bisa Gantikan Nasi

josstoday.com

Buah Nipah.

JOSSTODAY.COM - Buah nipah bisa menjadi pengganti nasi. Hasil penelitian di beberapa tempat seperti di Kabupaten Tanjungjabung Barat dan Tanjungjabung Timur, diketahui bahwa kandungan karbohidrat dalam buah nipah cukup tinggi.

Sayangnya, pemanfaatan buah nipah belum menjadi prioritas. Bahkan, masyarakat setempat juga masih belum bisa memanfaatkan dan mengolahnya. Buah-buah nipah yang melimpah banyak dibuang begitu saja dan tak termanfaatkan.

Untuk itu, peneliti Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jambi (Unja) merekomendasikan pengembangan dan pemanfaatan buah nipah di sejumlah daerah sebagai bahan alternatif untuk pemenuhan karbohidrat.

"Ke depan kami mendorong agar pemanfaatan buah nipah menjadi prioritas pemerintah daerah di Tangjungjabung, sebab sangat potensial," kata Dekan Fakultas Teknologi Pertanian Unja Dariah Renata di sela penandatanganan nota kesepahaman antara Unja dengan Pemerintah Kabupaten Tanjungjabung Barat di Jambi, Rabu (25/1/2017).

Buah nipah bisa diolah menjadi bahan makanan, kuliner bahkan menjadi bahan tepung untuk bayi. "Jadi bila Kabupaten Tanjabbar dan Tanjabtim akan mendorong pengembangan bahan pangan alternatif, sudah mendapat gambarannya. Ya dengan pengembangan dan pengolahan buah nipah ini yang banyak didapati di daerah itu," jelasnya.

Sementera itu, Bupati Tanjungjabung Barat Safrial MS menyatakan, hasil penelitian itu sangat bermanfaat bagi daerahnya. Dia berencana untuk mengembangkan potensi itu seiring dengan pengembangan ekonomi pedesaan melalui optimalisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). "Bila memungkinkan kita kembangkan tepung dari buah nipah untuk bahan baku berbagai bahan makanan dan kuliner. Sekalian dalam pembinaan BUMDes," ucap Safrial.(jos)

Buah Nipah Karbohidrat Nasi Universitas Jambi