Libatkan Sponsor dan EO, Pemkab Sampang Hemat Ratusan Juta di SSA 2019

josstoday.com

Suasana pembukaan SSA 2019. (Ist)

JOSSTODAY.COM - Perayaan Hari Jadi Sampang 2019, dengan melibatkan sponsor dan Event Organizer (EO), Pemkab Sampang otomatis menghemat ratusan juta rupiah.

Ini terjadi di balik suksesnya gelar " Sampang Sepoloh Areh (SSA) 2019" di Lapangan Wijaya Kusuma, tanggal 4 - 13 November 2019.

Sebelumnya, Pemkab Sampang sudah mengganggarkan ratusan juta rupiah untuk acara pekan raya Hari Jadi Sampang. " Namun karena sudah ada SSA 2019 yang non APBD, hadirnya sponsor, sehingga Pak Bupati minta dinas Infokom tidak melaksanakan pameran pembangunan. Artinya perayaan hari jadi Sampang 2019 tidak lagi menyerap anggaran APBD, hemat ratusan juta rupiah," ujar Damarhuda, CEO DMR Production Surabaya yang juga mantan wartawan tabloid Nyata dan Pimred tabloid X-file Jawapos Group (1993 - 2004) serta mantan Manager off air JTV Surabaya(2004 - 2014) ini.

Sebagai gantinya, sponsor Herbangin dan EO DMR Production Surabaya, meramaikan Hari Jadi melalui ide digelarnya SSA 2019 ini.

EO dan Sponsor menghadirkan bintang tamu Sodiq dan New Monata, Mustafa DEBU, dari Jakarta. Termasuk juga panggung riging besar 12x10m, sound gantung, lighting spek TV dan sejumlah property pameran, semua dari sponsor. "Pemkab nol persen. Alias tidak mengeluarkan biaya untung hadirnya artis-artis Jakarta, Alhamdulillah masyarakat Sampang menyambut antusias dan tiap malam selalu ramai," ujar Damar yang juga mantan redaktur hiburan harian Bhirawa (1990- 1992) dan Surabaya Post (1992-1993) ini.

Menariknya, sebanyak 30 stand gratis disediakan EO untuk UMKM binaan Pemkab Sampang. "Selebihnya, stand sarnavil mewah dan stand pemeran lainnya disewakan, karena kegiatan murni non APBD," tambah Damar yang saat ini aktif nulis di TIMES Indonesia, SuaraMadinah dan Josstoday.com ini.

Bahkan tidak itu saja. Mulai ijin keamanan, publikasi, hingga terop undangan untuk presesi pembukaan pameran, semua dari sponsor. "Pengunjung juga masuk gratis, alias tidak ada HTM, tidak ada tiket masuk," ujarnya.

Dengan pola kerjasama yang menguntungkan kas daerah ini, acara berjalan gebyar dan semarak, dan masyarakat selama 10 hari dapat hiburan gratis dari sponsor dan EO ini. Tidak menutup kemungkinan SSA akan terus digelar untuk hari jadi tahun-tahun mendatang. " Model seperti ini sudah kami gelar di banyak kota di Jatim, mulai dari Trenggalek, Magetan dan banyak kota lagi. Semoga pihak-pihak di Sampang tidak gagal fahan dan mari bersama-sama ikut menggerakkan ekonomi kreatif di Sampang melalui SSA 2019 ini, " paparnya.

Kegiatan non APBD hasil kerjasama Pemkab Sampang dan EO DMR Production Surabaya ini, disponsori tunggal obat masuk angin Herbangin.

Acara didukung sejumlah media partner seperti TIMES Indonesia, MenaraMadinah, Josstoday, SuaraJatim dan banyak lagi. (dmr)

Event DMR pasar rakyat SSA