Kusnadi Pimpin DPRD Jatim Sementara

josstoday.com

Ketua DPRD Jatim sementara, Kusnadi.

JOSSTODAY.COM - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi, terpilih sebagai ketua DPRD Jatim sementara. Pemilihan Kusnadi dilakukan dalam pelantikan anggota DPRD Jatim di Gedung DPRD Jatim, Jl. Indrapura, Surabaya, Sabtu (31/8/2019).

Terpilihnya legislator dari daerah pemilihan (dapil) 2 Sidoarjo itu tak lain karena partainya mendapat suara terbanyak atau mendapat jatah 27 kursi.

Ditetapkannya ketua dewan sementara tak lain untuk memimpin sidang ditengah kekosongan jabatan ketua definitif hingga nanti mendapat surat pengesahan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Jadi tugas saya nanti hanya pimpin rapat DPRD karena diambil dalam satu keputusan. Kedua, memfasilitasi terbentuknya fraksi, kemudian memfasilitasi tersusunya rancangan tata tertib. Serta memfasilitasi terbentuknya pimpinan DPRD definitif," jelas Kusnadi saat ditemui usai pelantikan.

Selanjutnya, jelas mantan Wakil Ketua DPRD Jatim periode 2014-2019 itu menjelaskan, jika tahap awal aka dibahas pembentukan fraksi serta bersama-sama menyusun tata tertib. Setelah itu, ia akan meminta masing-masing partai politik segera mengirimkan nama calon pimpinan dewan.

"Nanti kalau sudah masuk (nama calon, red) kemudian kita fasilitasi untuk rapat paripurna penetapan pimpinan DPRD definitif. Setelah itu usulan kita sampaikan ke Depdagri yang punya waktu 12 hari kerja mengesahkan pimpinan definitif. Kalau sudah disahkan akan diambil sumpah dari pimpinnan DPRD dalam paripurna," jelasnya.

Ia berharap dengan agenda yang sudah dihitung minimal tanggal 20 September seluruh proses usai, dan tanggal 21 dapat langsung melaksanakan tugas dan kewajibannya. (ais)

DPRD Jatim PDI Perjuangan Kusnadi