Lantik Bupati Tulungagung, Khofifah Minta Langsung Tancap Gas

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, secara resmi melantik Bupati Tulungagung periode 2018-2023, Maryoto Bhirowo, di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (13/8/2019).

Dalam kesemapatan ini, ia berpesan agar bupati baru agar langsung tancap gas mengelola pemerintahan dan menuntaskan pekerjaan rumah yang besar. Salah satunya segera melaksanakan proses Pemilihan Kepala Desa di 239 desa.

Selain itu, Gubernur yang akrab disapa Khofifah itu berpesan, agar kembali melajukan sinkronisasi antara Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tulungagung dengan RPJMD Provinsi agar dapat mencapai misi yang sama. Utamanya dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

"Hal yang kita ingin dorong adalah peningkatan IPM Jawa Timur. Maka saya meminta Bupati Tulungagung menjaga bahkan meningkatkan IPM-nya, dan ini akan mendongkrak peningkatan rata-rata IPM provinsi," jelas Khofifah.

Menurutnya, dengan peningkatan IPM akan semakin menekan angka kemiskinan Tulungagung yang kini sudah berada di bawah rata-rata kemiskinan Jatim.

"Kemudian tingkat pengangguran terbuka juga sudah jauh di bawah rata-rata provinsi. Artinya hal yang sudah dicapai oleh Tulungagung kita ingin dijaga dan ditingkatkan," katanya.

"Sehingga secara regional Provinsi Jawa Timur ini akan terus bisa meningkatkan seluruh layanan yang bisa memberikan percepatan penyediaan masyarakatnya. artinya yang nganggur ya bisa dapat pekerjaan kemudian yang miskin bisa dientaskan," imbuhnya.

Yang juga penting, sebut Khofifah, adalah mempercepat proses pembangunan jalur lintas selatan. Sehingga, perlu ada hubungan komunikasi dengan daerah-daerah agar prosesnya dapat berjalan lancar dan cepat.

Sementara itu, Maryoto Bhirowo mengatakan akan melaksanakan progran-progran yang disusun. Serta, mengintensifkan keberadaan seluruh personel dengan SDM yang dimiliki.

"Ketiga, masalah disiplin yang tak kalah pentingnya adalah gimana ini merupakan satu penyadaran terhadap individu dan penguatan sebuah karakter daripada ASN, atau pekerja di lingkungan pemerintah dari Kabupaten Tulungagung yang betul-betul harus meningkatkan kinerjanya," ujarnya. (ais)

Pemprov Jatim Gubernur Jatim Khofifah Bupati Tulungagung Maryoto Bhirawa