Sambut Kru Film Manusia Bumi dan Perburuan, Khofifah: Harus Bangga Jadi Indonesia

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyambut kehadiran kru dan pemeran film Perburuan dan Bumi Manusia di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (8/8/2019).

Gubernur yang akrab disapa Khofifah itu mengapresiasi hasil karya yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo, yang mengangkat tema perjuangan yang diangkat dari kisah yang ditulis Pramoedya Ananta Toer.

Dalam ceritanya, film Bumi Manusia ini mengangkat kisah Nyai Ontosoroh yang memperjuangkan kesetaraan sesama manusia di zaman kolonial dulu.

"Saya sering bilang, jangan bermental irlander, mental penjajah. Kita harus bangga sebagai Indonesia. Nyai Ontosoroh mengajarkan kesetaraan derajat manusia dimanapun itu penting," ujarnya.

Dengan kisah itu, ia berpesan agar seluruh masyarakat agar percaya diri membawa kebudayaan Indonesia bersaing dengan negara-negara lain, dengan semangat dan kepercayaan diri.

Melihat kehadiran film seperti ini diharapkan mampu menggairahkan kembali untuk terus berkarya menciptakan film-film yang bernilai positif. "Mudah-mudahan akan jadi penguatan bangkitnya film nasional," harap Khofifah.

Sementara itu, Sutradara Hanung Bramantyo menjelaskan, jika film ini menyampaikan pesan kepada kaum milenial agar untuk terus bangga menjadi Indonesia. Sebab, Indonesia memiliki banyak hal yang tak kalah dengan negara lain.

"Dua film ini adalah spirit bagaimana jadi Indoensia. Bagaimana jadi indonesia itu bukan berarti jadi primordial kemudian nasionalisme yang paling bener, dan paling kaya. Bukan itu. Tapi kita setara," katanya.

Menurutnya, di era modern saat ini sudah bukan bersaing pamer kekuatan namun bagaimana antar negara dapat bekerja sama untuk mencapai impian bersama. Apalagi, saat ini sudah adanya keterbukaan akses komunikasi melalui gadget.

Tak hanya itu, kesempatan ini juga digunakan untuk memberikan undangan gala premiere kepada Khofifah. Di rencanakan, gala premiere akan dilaksanakan di Sutos, Surabaya, Jumat (9/8/2019).

Gala premiere ini disesuaikan dengan momentum Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74. Dengan harapan, film ini dapat menjadi cermin bagi masyarakat untuk dapat lebih baik dikemudian hari. (ais)

Gubernur Jatim Khofifah Manusia Bumi Perburuan Hanung Bramantyo