Presiden Sudah Teken Perpres Mobil Listrik

josstoday.com

Presiden Jokowi memberi keterangan kepada wartawan di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

JOSSTODAY.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) tentang Percepatan Pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik (Mobil Listrik), Senin (5/8/2019).

“Oh, sudah. Sudah saya tanda tangani, pada hari Senin (5 Agustus 2019-Red) pagi,” kata Presiden Jokowi seusai meresmikan Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta, Kamis (8/8/2019).

Jokowi mengungkapkan, keberadaan Perpres Mobil Listrik merupakan wujud komitmen pemerintah untuk mendorong agar industri otomotif segera merancang dan mempersiapkan kendaraan jenis itu di Indonesia.

“Ya, kita ingin mendorong agar industri otomotif segera merancang dan mempersiapkan untuk membangun industri mobil listrik di Indonesia. Kita tahu 60 % dari komponen mobil listrik kuncinya ada di baterainya,” kata Kepala Negara.

Menurut Jokowi, bahan utama membuat komponen mobil listrik, yaitu baterai tersedia di Indonesia. Oleh sebab itu, strategi bisnis tentang pengembangan mobil listrik di negara ini bisa dirancang secara baik.

“Kita nantinya bisa mendahului untuk membangun industri mobil listrik yang murah dan kompetitif. Karena bahan-bahannya ada di kita,” kata Presiden Jokowi. (gus/b1)

Mobil Listrik Perpres Mobil Listrik