Antusias Tinggi, Masyarakat Tuban Turun Ke Jalan Sambut Kirab Api PORPROV

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Api kirab Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) VI 2019 Jawa Timur kini memasuki Kabupaten Tuban, Selasa (2/6/2019), setelah diambil dan dikirab di Kabupaten Bojonegoro.

Prosesi kirab api dimulai dengan upacara yang dilakukan di Pendopo Malowopati, serah terima api dari Pemda Bojonegoro kepada atlet pembawa api. Kemudian, langsung dibawa ke arah Jembatan Glendang tempat serah terima api dari Pemkab Bojonegoro kepada Pemkab Tuban.

Di mana, serah terima api diberikan oleh Sekretaris Daerah Kab Bojonegoro, Yayan Rohman yang kemudian diserahkan kepada Sekda Kab Tuban, Budi Wiyana.

Setelah itu, kembali dibawa masuk ke Kabupaten Tuban. Sejak awal tiba, sambutan meriah ditunjukkan oleh warga sekitar yang berbondong-bondong dan rela berpanas-panasan di pinggir jalan untuk melihat kirab api PORPROV.

Tampak wajah gembira, ditambah teriakan histeris menyambut para pembawa api yang berlari hingga Lapangan desa Simo. Para pembawa api pun disambut meriah oleh warga dan disambut oleh tarian Reog Ponorogo, yang kemudian dilanjutkan hingga memasuki kota Tuban.

Selain itu, tampak begitu banyak stand-stand hingga rombong jualan makanan maupun mainan yang banyak dibeli oleh warga.

Tak berhenti di situ saja. Di sepanjang jalan yang dilalui pembawa api disambut meriah ratusan pelajar dari berbagai sekolah dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA).

Salah satu warga, Rahmi mengaku, senang dan sengaja turun ke jalan melihat prosesi kirab. "Eman kan ini baru pertama kali jadi pengen liat," akunya.

Adapun jalur yang dilalui adalah melalui jembatan glendeng, ke Suko, Rengel, Plumpang, Pakah Semanding, masuk kota lalu ke Manunggal, kemudian ke Jl. Basuki Rahmat, Jl. Panglima Sudirman, dan finish di Pendopo Kabupaten Tuban.

Sementara itu, setelah dari Tuban, dijadwalkan akan diinapkan semalam di Pendopo Kabupaten Tuban kemudian dilanjutkkan besok memasuki Kabupaten Gresik melalui jalur Pantura. Setelah dari Gresik, akan dilanjutkan ke Gedung Negara Grahadi, dan berakhir di Lamongan sebagai tempat pembukaan PORPROV VI 2019. (ais)

PORPROV Jatim VI 2019 KONI Jatim Kirab Api Bojonegoro Tuban