ICSB Surabaya peringati Hari UMKM Internasional bersama pelaku usaha kecil

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Pendamping UMKM yang tergabung dalam ICSB Chapter Surabaya kembali berkiprah mengawal pelaku-pelaku usaha di wilayah Surabaya dan sekitarnya untuk menapak level yang lebih tinggi lagi, melalui kegiatan workshop. Acara yang dihelat bekerjasama dengan Telkom Regional 5 beserta Universitas Dr. Soetomo ini dihelat di Gedung Balairung Telkom jalan Ketintang Surabaya (24/6).

Sebanyak 120 pelaku usaha yang tidak hanya hadir dari kota Surabaya, hadir memenuhi gedung Balairung semenjak pukul 08:00wib. "Antusias mereka terhadap setiap workshop yang membawa dampak positif sangat luar biasa hari ini, mengingat bahwa materinya sangat cocok yakni peningkatan terhadap keinginan untuk dapat melakukan ekspor" ungkap Meithiana Presiden ICSB Chapter Surabaya.

Kepala Dinkop dan UKM Jatim, Mas Purnomo Hadi, mengungkapkan bahwa pihaknya sebagai salah satu pilar yang ada didalam ICSB, sangat mendukung UMKM untuk bersinergi dengan marketplace yang ada.

"Apalagi saat ini marketplace merupakan pendukung yang potensial bagi pelaku usaha dalam meroketkan promosi produknya. Sebab usaha offline saat ini harus dikolaborasikan dengan online. Maka peluang yang diberikan oleh marketplace seperti blanja.com tentu dapat respon yang sangat baik" tutur Mas Purnomo Hadi.

Narasumber yang juga meramaikan kegiatan bertema UMKM Go Ekspor adalah seorang tenaga ahli FTA (Free Trade Agreement )  Center Surabaya, Fernanda Reza Muhammad, yang hadir dalam workshop menuturkan UMKM di Jatim didorong ke arah ekonomi berbasis digital sehingga mereka  dapat memperoleh manfaat peluang yang sangat besar di pasar ekspor. "Dengan menjadi eksportir milenial, bukan eksportir tradisional. Artinya apa? Pelaku UMKM harus bisa memanfaatkan media digital”, ujarnya.

 

"Kemudahan di era digital tentu harus dimanfaatkan oleh segala kategori produk dari para pelaku UMKM, sebab dengan begitu mereka akan dapat memanfaatkan digital dalam genggaman tangan untuk menarik pelanggan lebih banyak dan lebih cepat" pungkas Cak Samsul Hadi, panggilan akrab founder Platform LUNAS. (Pr4)

 

ICSB Surabaya UMKM Surabaya Telkom