Lantik Komisioner KPU Se-Jatim, Arief Budiman Beri Empat Pesan Penting

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI), Arief Budiman, secara resmi melantik komisioner dari 38 daerah di Jawa Timur di Hotel JW Mariot, Surabaya, Kamis (13/6/2019).

Dalam kesempatan ini, mantan komisioner KPU Jatim itu meminta agar kepengurusan yang telah dilantik agar dapat bekerja dengan cepat.

Sebab, pada pelantikan kali ini beriringan dengan agenda sidang Mahkamah Konstitusi. Sehingga, KPU daerah juga harus segera menyiapkan diri jika sewaktu-waktu diperlukan untuk memberi kesaksian dan sebagainya.

"Karena itu, harus kerja cepat tanpa ada permasalahan," ungkapnya.

Selain itu, Arief Budiman juga menyampaikan tiga kunci utamany yang harus dipegang untuk menjadi seorang komisioner. Pertama, KPU harus terus membangun kultur kerja yang transparan. Kedua, komisioner harus bisa membangun Pemilu yang berkualitas dengan profesionalitas. Ketiga, bekerja dengan penuh integritas.

"Keempat, karena KPU ini lembaga yang unik daripada lembaga lain yang pemimpinnya satu. Karena KPU ini sistemnya kolektif kolegial setiap keputusan harus diputuskan bersama melalui forum. Maka harus kerja dengan kerja sama dengan baik," sebutnya.

Ia pun berharap, ditangan komisioner yang baru dilantik dapat membawa demokrasi Indonesia jauh lebih baik dan bermartabat. (ais)

KPU Arief Budiman