Pengamat Sebut Kerja Sama Kunci Kemenangan PDI Perjuangan Di Jatim

josstoday.com

Pengamat politi Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam.

JOSSTODAY.COM - Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan begitu dominan di Pemilu 2019, tak salah jika partai ini menjadi pemenang dengan begitu banyak kursi legislatif yang didapat.

Utamanya di Jawa Timur, partai berlambang kerbau moncong putih itu berhasil meraih kursi terbanyak di DPRD Jatim dengan raihan 27 kursi, unggul tiga kursi dari PKB yang merupakan pemenang Pemilu 2014.

Melihat hasil ini, pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam mengatakan, jika pada Pemilu kali ini PDI Perjuangan benar-benar kompak untuk bisa memenangkan kontestasi politik lima tahunan.

"Mereka bisa kerja sama, sehingga suara partai bisa meningkat rata-rata 200% bahkan ada yamg lebih. Sehingga, di tingkat Provinsi PDI Perjuangan akan mendapat jatah sebagai ketua DPRD," katanya kepada Josstoday.com, Senin (13/5/2019).

Selain karena kerja sama yang baik diseluruh tingkatan, Rokim menjelaskan, cottail effect dari Pilpres 2019 yang dimenangkan Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin juga memiliki dampak yang besar.

"Menurut saya PDI Perjuangan termasuk partai yang paling siap dalam Pemilu serentak kali ini. PDI Perjuangan sepaket dengan Pilpres, bisa menyediakan saksi hampir disemua TPS sehingga perolehan suaranya relatif aman. Dibeberapa dapil bahkan bisa mendapat 3 caleg lolos yang menurut saya itu luar biasa," imbuhnya.

Kemenangan ini tentu bukan hal yang biasa, mengingat ada kultur Nahdliyin yang lebih dominan diseluruh wilayah Jatim. Sehingga, wajar jika PKB menjadi pemenang di tahun 2014 lalu.

Melihat keadaan yang bisa dibalik oleh PDI Perjuangan, Rokim mengaku jika PKB tetap dalam kondisi stabil meski tak menjadi pemenang. Dengan total 24 kursi yang diraih, Rokim mengaku jika PKB masih memiliki basis pendukung yang solid.

"PKB memang sedikit punya effect number Pemilu dan juga efect cawapres Kyai Ma'ruf, sehingga perolehannya masih stabil kendati jumlah kursinya di dprd jatim sedikit menurun," jelasnya. (ais)

Pemilu 2019 DPRD Jatim PDI Perjuangan PKB