Berlangsung Alot, Rekapitulasi Bangkalan Akhirnya Tuntas Dalam Waktu Tujuh Jam

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 Kabupaten Bangkalan berlangsung alot dalam tahapan rekapitulasi tingkat provinsi oleh KPU Jawa Timur di Hotel Singgasana, Surabaya, Jumat (10/5/2019).

Alotnya rekapitulasi suara Kabupaten Bangkalan diawali oleh politisi Gerindra, Nizar Zahro yang mengungkapkan jika dirinya kehilangan 58.363 suara. Di mana, dari data yang ia miliki tercatat mendapat 81.383 suara, namun karena berkurang 58.363 suaranya menjadi 23.020 suara. Selain suaranya, ia mengaku jika suara Gerindran juga turun mencapai 31.674.

Menerima hasil yang kurang baik, Nizar pun dengan tegas menyebut jika KPU telah memberikan data manipulatif. "DB-1 yang disampaikan oleh KPU Bangkalan bersifat manipulatif. Seharusnya, DB-1 diambil dari DA-1 (rekap tingkat kecamatan), namun ini justru diambil berdasarkan manipulasi," katanya.

Karena itu pula, ia menuntut untuk melakukan penyandingan data antara DA-1 dengan DB-1 yang akhirnya diikuti oleh peserta yang lain.

Sontak, hal ini menimbulkan kontra pendapat dari beberapa pihak. Di antaranya, datang dari saksi Golkar, Sahat Tua Simanjuntak yang meluruskan jika kegiatan ini adalah untuk proses rekapitulasi bukan untuk menyelidiki suara uang hilang.

"KPU harus konsisten. Jangan langkah yang sudah jauh ini diulang lagi. Kita juga punya masalah yang sama, tapi kami taat dengan peraturan bahwa kalau rekapitulasi ya rekap saja. Kalau masih ada protes ada tahapan lain," ungkap Sahat.

Meski begitu, KPU dan Bawaslu tetap melakukan penyandingan data antara milik KPU dengan data milik Bawaslu dan data milik saksi.

"Tugas kami menuntaskan di tingkat provinsi dan sudah kita laksanakan, terlepas kemudian masih terdapat keberatan ya tentu kemudian ranahnya jalurnya adalah untuk masuk di DC-2 untuk kemudian mungkin akan dibahas di rekap tingkat nasional. Kalaupun masih kurang puas ya tentu masih ada salurannya entah apakah lewat Bawaslu Provinsi, kemudian Bawaslu RI atau mungkin juga melalui jalur pasca penetapan nanti 22 Mei itu adalah jalur melalui Mahkamah Konstitusi," jelas Ketua KPU Jatim, Choirul Anam.

Karena alotnya rekapitulasi Kabupaten Bangkalan, akhirnya semua dilalui dengan waktu panjang dari sekitar pukul 16.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB kemudian break, lalu dilanjutkan pukul 20.00 WIB-02.00 WIB akhirnya diskors hingga pukul 09.00 WIB. (ais)

Pemilu 2019 KPU Jatim Rekapitulasi Bangkalan