NU Imbau Tak Ada Sweeping dan Razia oleh Ormas Selama Ramadan

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang mengimbau ormas tak melakukan sweeping dan razia secara sepihak ke tempat-tempat yang diduga sebagai sarang maksiat. Penertiban bukanlah ranah ormas, melainkan polisi dan Satpol PP.

Ketua PCNU Kota Malang, KH Isroqunnajah mengatakan ormas-ormas di wilayahnya sebaiknya sama-sama menjaga kerukunan dan ketertiban selama bulan suci ramadan. Ormas jangan melakukan sweeping dan razia di tempat hiburan beserta barang yang dijual.

“Kita percaya pada aparat keamanan karena khawatir justru menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Aparat pasti bergerak sesuai aturan hukum dan aturan pemerintah daerah,” kata Isro, Senin, (6/5/2019).

Dia mencontohkan, di NU memegang prinsip-prinsip kerukunan. Kalangan nahdliyin diimbau tak melukai perasaan orang yang berpuasa maupun tidak. Bulan ramadan sebaiknya dilakukan dengan baik, seperti menggelorakan kembali semangat ke masjid.

“Kita jangan sampai melukai orang lain. Kalaupun kita dilukai, hal itu kita anggap sebagai dinamika hidup untuk lebih mendewasakan umat. Prinsip kita di NU jangan ada yang terluka,” tandasnya.

Selain itu, dia tidak hanya mengajak umat islam berpuasa menunda lapar namun juga berpuasa melontarkan kalimat profokatif baik secara langsung maupun di media sosial. Dia mengajak seluruh masyarakat untuk memperkuat persaudaraan, persatuan dan kesatuan umat untuk bangsa dan negara yang damai. (is/b1)

PCNU