Khofifah Sambangi Keluarga Korban Banjir Kali Lamong

josstoday.com

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa (kanan) menenangkan Riakti ibu alm Putra Bhima Yudha yang menjadi korban banjir Kali Lamong di kediamannya, Desa Pucung, Kecamatan Balongpanggang, Gresik, Minggu (5/5/2019). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyambangi kediaman alm Putra Bhima Yudha salah satu korban meninggal akibat banjir luapan Kali Lamong, di Desa Pucung, Kecamatan Balong Panggang, Gresik, Minggu (5/5/2019). Tak hanya kepada keluarga Bhima saja, Khofifah juga menemui keluarga Alm Saifu Fajar yang juga jadi korban akibat banjir.

Pada kesempatan itu, Khofifah secara langsung memberikan dana santunan kepada kedua keluarga korban. Di mana, setiap keluarga mendapat bantuan dana santunan Rp 10 Juta, serta memberikan kebutuhan pokok bagi korban terdampak banjir.

Selain memberikan dana santunan, Khofifah bersama beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim, serta Pemerintah Kabupaten Gresik melakukan doa bersama yang ditujukan pada semua korban banjir.

Sementara itu, ibunda Putra Bhima Yudha, Riakti mengaku tidak menyangka akan kehilangan putranya. Sebab, saat kejadian Bhima dalam misi untuk ikut memberi bantuan kepada warga sekitar.

Ia bercerita, jika Bhima merupakan anak yang mempunyai cita-cita untuk menjadi anggota TNI. Karena itu, sejak kecil ia selalu ikut ayahnya untuk menjadi relawan bencana.

"Lulus SMA minta ke TNI. Makanya diajak bapaknya untuk diajarin mengenal medan jadi relawan," ceritanya kepada Khofifah.

Selain itu, ia mengaku, jika anaknya merupakan sosok yang pendiam namun pandai untuk membuat orang selalu tersenyum.

Di sisi lain, Kasi Pemerintahan Kecamatan Balong Panggang, Hermanto menjelaskan, banjir mulai terjadi sejak selasa malam, dan baru surut pada Sabtu (4/5/2019).

"Banjir akibat luapan Kali Lamong," katanya.

Banjir kemudian menimpa beberapa wilayah, seperti Wotan Sari, Banjar Agung, Karang Spanding, lalu ke Pucung. Sampai saat ini, belum ada tanggul yang bisa menahan air bila terjadi hujan lebat. (ais)

Banjir Kali Lamong Gresik Gubernur Jatim Khofifah