Gelar Rekapitulasi Tingkat Kota, KPU Surabaya Target Lima Hari Selesai

josstoday.com

Suasana proses rekapitulasi hasil perhitungan Pemilu tingkat kota di Kantor KPU Surabaya, Jl. Adityawarman, Selasa (30/4/2019).

JOSSTODAY.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU)Kota Surabaya secara resmi memulai rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 tingkat Kota Surabaya, di Kantor KPU Kota Surabaya, Jl. Adityawarman, Surabaya, Selasa (30/4/2019).

"Hari ini kita mulai rekapitulasi perolehan suara tingkat kota sesuai PKPU. Jadi, setelah rekapitulasi di tingkat kecamatan, tentu tahapannya adalah rekapitulasi di tingkat kota," kata komisioner KPU Kota Surabaya Divisi Teknis dan Penyelenggaraan, Miftakul Gufron, di sela pelaksanaan rekapitulasi.

Dalam perhitungan rekapitulasi tingkat kota ini, Gufron menjelaskan, jika dalam satu hari akan dilakukan perhitungan suara dari enam kecamatan. Di mana, enam kecamatan ini estimasi waktu yang digunakan adalah 15 jam.

Dengan itu, lanjut Gufron, jika dalam waktu lima hari hasil rekapitulasi tingkat kota bisa terselesaikan.

"Satu kecamatan ini estimasi waktu rekapitulasinya dua jam. Kita mulai jam 09.00 WIB dan selesai sekitar jam 23.00-00.00 WIB. Dengan model ini, asumsi kita lima hari target rekapitulasi 31 kecamatan di Kota Surabaya sudah selesai," kata Gufron.

Sementara itu, pada hari pertama ini dilakukan perhitungan dari enam kecamatan. Di antaranya, Kecamatan Pakal, Bulak, Jambangan, Gayungan, Asemrowo, dan Benowo. (ais)

Pemilu 2019 KPU KPU Surabaya Rekapitulasi