Polda Jatim Kerahkan 2.500 Personel Amankan Hari Buruh 2019

josstoday.com

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera. (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Polda Jawa Timur kerahkan 2.500 personel gabungan guna mengamankan jalannya peringatan Hari Buruh di depan Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan, Surabaya, 1 Mei 2019. Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Selasa (30/4/2019).

Kabid humas yang akrab disapa Barung itu menjelaskan, jika 2.500 personel gabungan itu terbagi dari Polrestabes Surabaya, Polres Sidoarjo, Polres Gresik, Polres Mojokerto, Polres Pasuruan, dan Polda Jatim. Sebab, diprediksi massa buruh yang akan datang ke Surabaya dari lima daerah itu.

"Jadi kita menerapkan pengamanan koordinatif. Jadi, kalau ada buruh dari arah Sidoarjo maka akan dikawal oleh Polres Sidoarjo sampai ke lokasi, nanti di lokasi akan disambut dan dikawal oleh Polrestabes Surabaya. Nah Polda sendiri akan mengordinir polres-polres ini," jelas Barung.

Saat massa aksi tiba di lokasi titik kumpul di Kota Surabaya, lanjut Barung, Polres yang mengawal dari luar Surabaya tetap mengawal hingga kegiatan di lokasi tersebut usai. Namun, otoritas pengamanan akan dikomandoi Polrestabes Surabaya.

"Otoritas pengamanan tetap diberikan pada Polrestabes Surabaya," katanya.

Hingga saat ini, pihak keamanan tengah melakukan koordinasi pengamanan. Di mana, telah disiapkan pengalihan arus lalu lintas saat peringatan hari buruh berlangsung. Serta, satuan Sabhara yang akan disebar di beberapa titik rawan. (ais)

Hari Buruh May Day Polda Jatim