Arema FC Juara Piala Presiden 2019

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Arema FC akhirnya tampil sebagai juara Piala Presiden 2019 setelah unggul agregat 4-2 atas Persebaya Surabaya. Sebelumnya, di leg pertama Arema FC meraih hasil imbang 2-2 di kandang Persebaya. Dan terakhir berhasil unggu 2-0 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jumat (12/4/2019).

Membuka pertandingan penonton langsung dibuat histeris dengn peluang yang di dapat oleh Ricky Kayame setelah berhasil lepas dari pengawalan Novan Sasongko. Meski sudah berhadapan langsung dengan kiper Abdul Rohim, namun tendangan Ricky masih bisa diantisipasi kiper dan bola rebound segera dibuang oleh Otavio Dutra.

Persebaya yang juga mengincar kemenangan, langsung membalas melalui serangan balik cepat. Di mana, Manuchekhr Dzalilov yang sudah berhadapan langsung dengan kiper Kurniawan Kartika Aji tak mampu mencetak gol karena masih membentur tian atas gawang Arema.

Usai mendapat peluang emas, Persebaya terus menerus menggempur gawang Arema dengan berbagai variasi serangan. Memasuki menit ke-5, Irfan Jaya mendapat dua peluang emas yang masih dapat diantisipasi dengan baik oleh Kurniawan Kartika Aji.

Setelah 10 menit berlalu, tempo permainan mulai melambat karena banyak bola yang berhasil diantisipasi oleh lini tengah dari kedua tim.

Jelang akhir babak pertama, striker Arema FC Nur Hardianto yang berdiri bebas di sisi kanan berhasil menjebol gawang Persebaya setelah menerima umpan dari Makan Konate.

Usai gol, Persebaya mendapat peluang emas setelah bola tangkapan yang tidak sempurna kiper Arema jatuh di kaki Irfan Jaya. Sayang, tendangan Irfan kembali berhasil diantisipasi Kurniawan Kartika Aji.

Arema pun kembali merespon ancaman, dengan serangan balik dari sisi sayap kiri. Johan Alfarizie yang berhasil lepas dari pengawalan memberi umpan tarik kepada Makan Konate yang berdiri bebas, namun tendangan Konate masih melambung di atas gawang.

Usai unggul di babak pertama, Arema FC tampil lebih banyak bertahan sejak peluit babak kedua ditiup wasit. Meski mengandalkan serangan balik tetapi Arema berhasil mengancam gawang Persebaya dengan efektif. Enam menit berjalan, Makan Konate mengancam gawang Persebaya setelah berhasil lepas dari penjagaan Otavio Dutra. Sayang, tendangan yang dilakukan usai lepas melebar di sisi kiri gawang Persebaya.

Persebaya yang mendapat ruang untuk menguasai lapangan karena Arema yang tampil bertahan tak mampu memberikan ancaman berarti bagi gawang tuan rumah. Malah, Persebaya yang perlu meningkatkan intensitas serangan malah tak mampu menembus lini tengah Arema.

Di masa tambahan waktu, Arema berhasil memperbesar keunggulan melalui Ricky Kayame yang merebut bola tangkapan tidak sempurna kiper Abdul Rohim. Akhirnya, Arema keluar sebagai juara setelah unggul 2-0. (ais)

Piala Presiden Persebaya Arema FC