Pertama Kali, Perempuan Kulit Hitam Jadi Wali Kota Chicago

josstoday.com

Lori Lightfoot

JOSSTODAY.COM - Para warga yang menjadi pemilih di kota Chicago, Illinois, Amerika Serikat (AS) membuat sejarah baru, Selasa (3/4). Seorang perempuan kulit hitam bernama Lori Lightfoot terpilih sebagai wali kota dan mencatat sejarah pertama Chicago.

Sepeerti dilaporkan VoA, Rabu (3/4), Lightfoot merupakan perempuan kulit hitam pertama yang terpilih sebagai pemimpin kota itu, dan sekaligus wali kota pertama kota tersebut yang secara terbuka mengaku dirinya gay setelah dilantik Mei mendatang.

Mantan jaksa federal berusia 56 tahun itu mengalahkan politisi berpengalaman Toni Preckwinkle, yang juga perempuan kulit hitam, pada pemilihan putaran kedua, dengan perolehan suara meyakinkan, 74 persen lawan 26 persen.

Kedua perempuan itu meraih suara terbanyak pada putaran pertama pemilihan Februari lalu dengan mengalahkan 12 kandidat lainnya, termasuk William Daley, yang saudara laki-laki dan mendiang ayahnya pernah menjabat sebagai walikota Chicago.

Saat kampanye, Lightfoot memposisikan dirinya sebagai seorang luar yang memasuki mesin politik mapan di kota yang sudah lama terkenal dengan kasus-kasus korupsinya.

Sebagai pemimpin, Lightfoot mengklaim sebagai pilihan terbaik untuk mengatasi masalah-masalah di kota itu, termasuk kesulitan finansial, kemiskinan, angka kejahatan yang tinggi, dan perilaku polisi yang tidak sepantasnya.

Dalam pidato kemenangan, Lightfoot mengatakan kepada para pendukungnya, keterpilihannya mencerminkan Chicago sebagai kota yang dilahirkan kembali, satu kota yang tidak mempersoalkan warna kulit, tinggi badan dan orientasi seksual. (is/b1)

Chikago Walikota Chikag Illinoi