Leg Pertama Semifinal Piala Presiden, Persebaya Kalahkan MU 1-0

josstoday.com

Pemain Persebaya, Manuchekhr Dzalilov, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang MU dalam pertandingan leg pertama babak semifinal di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (3/4/2019). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Persebaya Surabaya sukses membuka peluang untuk melaju ke babak final Piala Presiden 2019, setelah berhasil mengalahkan Madura United (MU) 1-0 di leg pertama babak semifinal di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Rabu (3/4/2019).

Membuka pertandingan, tempo permain lebih dikendalikan oleh Madura United. Kerja sama antar lini yang ditampilkan tim tamu malah berhasil mengurung Persebaya untuk terus bertahan. Sesekali Persebaya mencoba melakukan serangan balik cepat melalui kecepatan Irfan Jaya yang mengisi posisi sayap kanan. Namun, berbagai percobaan yang dilakukan Persebaya berhasil diantisipasi oleh barisan pertahanan MU.

MU sendiri berhasil menguasai lini tengah permainan. Penampilan Asep Berlian, Zulfiandi, dan Zah Rahan berkali-kali sukses mengatur permainan dengan baik. Terlebih Zah Rahan yang tampil begitu baik menyisir setiap lini permainan. Berkali-kali umpannya memanjakan pemain depan untuk mengancam gawang Persebaya.

Alberto Goncalves dan Alexander Rakic yang jadi tumpua berkali-kali mendapat umpan yang baik. Namun, penampilan baik kiper Mizwar Saputra dibawah gawang Persebaya sukses mengamankan berbagai ancaman.

Jelang bubar, Persebaya mendapat dua peluang dari Amido Balde melalui tendangan jarak jauh yang masih tipis di sisi kanan, serta tendangan Manuchekhr Dzalilov yang masih dapat diantisipasi kiper Muhammad Ridwan. Skor 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Usai turun minum, Persebaya melakukan perubahan dengan memasukkan Muhammad Hidayat menggantikan Alwi Slamat. Permainan pun dirubah dengan menempatkan pemain di setengah pertahanan lawan untuk melakukan serangan gencar.

Hasilnya, pemain tengah dan bertahan MU terfokus untuk mengamankan pemain tengah Persebaya yang dikomandoi Damian Lizio dengan sangat baik. Hal itu membuat, pertahanan MU menjadi longgar. Amido Balde yang membuka ruang ke sisi kiri berhasil mengirim umpan lambung yang diteruskan Dzalilov menjadi gol di menit ke-64.

Usai gol Persebaya terus tampil menekan. Berkali-kali Balde, Dzalilov, Irvan Jaya bergantian memberikan ancaman kepada gawang MU.

Di menit ke-80, pemain pengganti Persebaya, Osvaldo Haay yang berhasil lepas dari pelanggaran hand ball yang ia lakukan tak mampu menjebol gawang MU. Karena keputusan wasit yang meloloskan Osvaldo, Dejan Antonic selaku pelatih MU emosi hingga diusir wasit dari lapangan.

Selain itu, MU juga harus kehilangan satu pemainnya yakni Asep Berlian di menit ke-86 setelah mendapat kartu kuning kedua. Meski unggul pemain, Persebaya tak mampu menambah gol. Skor 1-0 menutup pertandingan.

Pelatih Persebaya, Djajang Nurjaman mengakui jika ada permasalahan pada cara bermain di babak pertama yang menyebabkan permainan tidak berkembang. Serta, pergantian pemain di babak kedua kembali menjadi faktor diraihnya kemenangan.

"Babak pertama kami sedikit tertekan, alhamdulillah di babak kedua kami mulai bangkit. Anak-anak juga penuh daya juang," kata Djanur sapaan akrabnya.

"Madura United merupakan tim bertabur bintang sehingga dengan pengalaman mereka bisa antisipasi permainan kita. Tapi di babak kedua, saya instruksikan agar bermain lebih menekan. Salah satu yang berhasil adalah mengganti Alwi dengan Hidayat. Serta visi bermain Balde yang mencoba masuk ke sisi sayap hingga akhirnya jadi gol," imbuhnya.

Sementara itu, pelatih MU, Dejan Antonic mengaku pertandingan berjalan baik hingga menit ke-80 ia dibuat kecewa oleh keputusan wasit.

"Pertandingan yang cukup bagus bagi kedua tim. Ini satu pertandingan di mana saya pikir semua orang sangat enjoy. Cuma saya menit ke-80 kecewa karena keputusan wasit garis yang tidak memberi pelanggaran handsball. Saya datang ke dia (wasit), saya bilang ada puluhan ribu orang lihat itu handsball tapi tidak ada pelanggaran," aku Dejan. (ais)

Piala Presiden Persebaya Madura United MU