Pemkab Ponorogo Targetkan Berangkatkan 1.000 Kyai dan Marbot

josstoday.com

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dan istrinya Sri Wahyuni Muchlissoni menghadiri acara silaturahmi dan tasyakuran alumni peserta umrah kyai dan marbot gelombang 1 di Pendopo pada senin (25/2/2019).

JOSSTODAY.COM - Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni dan istrinya Sri Wahyuni Muchlissoni menghadiri acara silaturahmi dan tasyakuran alumni peserta umrah kyai dan marbot gelombang 1 di Pendopo pada Senin (25/2/2019). Gelombang perdana ini memberangkatkan 74 kyai dan 102 marbot ke tanah suci pada 10 Desember 2018 lalu. Umroh gratis memang merupakan program dari Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo, sejak kepemimpinan bupati Ipong Muclissoni.

Dalam sambutannya Bupati Ipong Muchlissoni mengungkapkan, kegiatan di Ponorogo itu banyak sekali. Mulai dari pembangunan jalan, pembangunan gedung, kegiatan grebeg suro, dan yang terbaru kegiatan budaya gebyar 2019 penari jathil yang berhasil memecahkan rekor MURI.

Pencapaian itu membuat dia senang. Tapi dia merasa lebih bahagia sekali saat bisa memberangkatkan para kyai dan marbot ini umrah ke tanah suci.

“Saya senang sekali karena program umrah 1.000 kyai dan marbot gelombang pertama bisa dilaksanakan, sesuai dengan visi misi membuat Ponorogo lebih religius,” kata Ipong.

Ipong merencanakan dapat memberangkatkan 1000 kyai dan marbot. Untuk gelombang kedua pada bulan Maret 2019 ini sekitar 150 kyai dan marbot. Dan akan ditambah sekitar 30 orang dari kategori dari guru ngaji dan qori/goriah yang berprestasi.

“Karena guru ngaji dan qori/qoriah ini juga sama dengan kyai dan marbot. Orang-orang yang ikhlas mengajari anak-anak belajar ngaji tanpa dibayar,” katanya.

Sementara itu Sumadi, salah satu peserta umrah gratis 1000 kyai dan marbot gelombang pertama ini mewakili alumni umrah mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Ponorogo. Karena sudah mengapresiasi apa yang dilakukan para kyai dan marbot dalam menegakkan agama Islam selama ini dengan memberangkatkan umrah. Semoga program yang baik ini bisa berkelanjutan kedepannya. Sehingga program umrah 1000 kyai dan marbot dapat terealisasi dengan lancar.

“Terimakasih Pak Ipong, atas inisiasi program Bapak ini, kami bisa pergi ke Baitullah,” pungkasnya. (is/bj)

Pemkab Ponorogo