Rebana El Hawa dan Tari Saman Pembuka Pameran UMKM Sidoarjo

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Group rebana dari Koperasi El Hawa dan tari Saman bakal tampil sebagai pembuka peresmian "Pameran UMKM & Pasar Rakyat Muslimat NU 2019" di Alun Alun Sidoarjo, Selasa (19/2) sore nanti.

Pameran UMKM dalam rangka Hari Jadi Kab Sidoarjo ke-160 dan Harlah Muslimat NU ke-73 ini akan berlangsung hingga Minggu (24/2) petang mendatang dengan bintang tamu ladyrocker legendaris Mel Shandy dari Bandung.

Saat pembukaan sore nanti, menurut Ketua Panitia drs EC Tjarda yang juga Kadiskop Usaha Mikro Sodiarjo, kegiatan akan dibuat semeriah mungkin. "InshaAllah sore nanti akan dibuka Bapak Bupati Sidoarjo dan didampingi Pak Wabup serta jajaran Forkopimda," ujarnya tadi pagi.

Nanti malam, panggung utama akan diisi Cak Sodig dan New Monata relegi, yang akan memainkan lagu-lagu Islami.
Tak kurang 200-an stand mengikuti pameran yang berlangsung enam hari , tanggal 19 -24 Februari 2019.

Kegiatan disponsori utama Herbangin dan didukung PW Muslimat NU, Josstoday dan TimesIndonesia.

Mengenai tari saman asal Aceh yang dipersembahkan PC Muslimat Sidoarjo ini, adalah tarian rancak yang sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia.

Tari Saman pertama dimainkan Suku Gayoyang, sebagai tarian selamat datang, juga lazim digelar saat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Syair mempergunakan Bahasa Gayo.

Tari Saman di Aceh didirikan dan dikembangkan oleh seorang Ulama yakni Syekh Saman, seorang ulama kharismatik yang berasal dari Gayo di Aceh Tenggara. (*)

Pameran UMKM Sidoarjo