Mahasiswa UMS Ciptakan Alat Mempercepat Pertumbuhan Tanaman

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) berhasil menciptakan alat yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan dunia agricultural. Adalah alat Lentera Fotosintesis.

Di mana, alat ini diciptakan oleh Ghois Qurniawan, Marta Kusuma Putri, Judith Syifa Fauziah Maria Rahman, Fatma Aula Nursyifa', dan Dikrii Fajri Vega Nanda Suhartono.

Lentera Fotosintesis merupakan produk inovasi yang sudah sejam 2017 dikembangkan itu memiliki fungsi untuk mempercepat pertumbuhan tanaman serta dapat digunakan pada tanaman musiman agar dapat tumbuh dan menghasilkan buah disetiap musimnya. Di mana, penggunaannya dilakukan di malam hari sebagai pengganti cahaya matahari.

“Pembuatan lentera fotosintesis ini bermula dari kepekaan melihat area persawahan yang cukup gelap di malam hari,” ujar Ghois Qurniawan saat ditemui di Gedung At Tauhid Kampus UMS, Senin (11/2/2019).

Ia menjelaskan, penambahan cahaya pengganti di malam hari lah yang mempercepat pertumbuhan. Sebab, dari lampu biasa yang dimiliki belum memenuhi kebutuhan cahaya dari tumbuhan. Sehingga, dibuatlah lampu dengan intensitas cahaya yang pas dan tidak membahayakan kesehatan manusia.

“Lampu ini bekerja pada malam hari selama 22 jam, kalau siang tidak menyala. Jadi, fotosintesis tetap dilakukan dengan cahaya matahari. Saat malam akan menyala otomatis. Cahaya yang menerangi bisa bermanfaat bagi tanaman untuk kembali memproduksi makanan,” jelasnya.

Ia pun mencontohkan pada hasil tanaman dari penggunaan Lentera Fotosintesis. Di mana, ada perbedaan pertumbuhan yakni tanpa cahaya malam hari lebih lama matang buahnya, sedangkan yang menggunakan cahaya lebih cepat matang.

Ghois pun berharap, ke depan alat ini dapat bermanfaat di dunia pertanian sehingga pasokan lebih banyak dan tersedia dengan cepat. (ais)

UMS Lentera Fotosintesis