Menggila!!! CLS Unggul Telak 132-104 Atas Zhuhai Wolf Warriors

josstoday.com

Pemain CLS Knights Indonesia, Brandon Jawato (putih), hendak melakukan layup ketika menghadapi Zhuhai Wolf Warriors dalam lanjutan ABL 2018 di GOR Kertajaya, Surabaya, Sabtu (26/1/2019). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - BTN CLS Knights Indonesia tampil menggila di pertandigan pekan kesepuluh Asean Basketball League 2018, dengan berhasil mengalahkan Zhuhai Wolf Warriors dengan skor telak 132-104 di GOR Kertajaya, Surabaya, Sabtu (26/1/2019).

Tampil dihadapan ribuan suporternya, CLS langsung tampil menggila sejak tip off dilakukan. Maxie Esho dkk tampil begitu dominan dalam menyerang karena pertahanan yang buruk ditampilkan tim lawan. Karenanya, CLS mendapat banyak ruang tembak yang dapat dimanfaatkan oleh penembak andalan seperti Maxie Esho, Brandon Jawato, dan Wong Wei Long.

Karena pertahanan buruk tim lawan, tuan rumah tercatat hanya melakukan turnover dengan field goal mencapai 67,4 persen. CLS pun sukses unggul 48-21. Brandon pun menjadi bintang dengan lesatan 20 poinnya. Tak hanya itu, torehan poin ini pun menjadi rekor bagi CLS dengan meraih poin terbanyak dalam satu kuarter di ABL.

Di kuarter kedua, tuan rumah masih mendominasi permainan dengan serangan tembakan tiga poin dan penampilan garang di bawah paint area lawan. Maxie Esho pun sukses melakukan slam dunk yang nyaman, dan Brandon Jawato mendapat berkali-kali lay up mudah tanpa penjagaan. Tim besutan Brian Rowsom pun unggul 75-44.

Usai turun minum, Maxie Esho dan rekan kembali meneruskan penampilan impresifnya. Kali ini, permainan CLS lebih banyak mengandalkan bola-bola cepat dan pergerakan tanpa bola pemain di bawah ring lawan. Strategi itu pun berhasil memecah kebuntuan setelah tembakan tiga poin yang menjadi senjata kerap gagal masuk ke ring. Tuan rumah unggul 107-73.

Sudah unggul jauh membuat Brian Rowsom mencoba menurunkan para pemain lapis keduanya di kuarter pamungkas. Pemain lokal seperti Saroni, Eko Agung Prabowo, Katon Baskoro akhirnya bisa merasakan atmosfir pertandingan sesungguhnya. Dengan kemenangan ini CLS Knights Indonesia sudah membukuhkan hasil 7 kali kemenangan dan 7 kekalahan dan naik keperingkat tujuh klasemen sementara.

Melihat penampilan yang begitu gemilang malam ini, membuat Brian Rowsom mengaku senang karena seluruh pemain dapat menjalankan strategi dan berhasil tampil dengan kerja sama yang baik.

"Kuncinya adalah kita bermain bertahan dengan baik, lalu kita melakukan serangan balik cepat atau tembakan tiga poin. Tapi, kami masih sangat lapar dengan kemenangan dan bisa tampil lebih baik lagi. Semuanya harus fokus dan bermain secara tim agar kita terus bisa meraih kemenangan demi kemenangan," katanya.

Selain itu, Brian juga memberi kredit khusus bagi pemain lokal yang tampil baik malam ini. "Saya memberikan kredit poin kepada Firman (center, Firman Dwi Nugroho) yang main bagus malam ini dengan 10 poin. Selain itu, mereka (para pemain lokal) juga main bagus ketika bertahan, dan melakukan pergerakan bola yang baik," katanya.

Dipertandingan malam ini, empat pemain tuan rumah dapat mencetak angka diatas 20 poin yakni Brandon Jawato (22 poin, lima rebound, dua assist), Douglas Herring (23 angka, 15 assist,lima rebound), Darryl Watkins (26 poin, 18 rebound, enam assist) dan terakhir topskor tim BTN CLS Knights Indonesia Maxie Esho yang bermain selama 32 menit, mampu mendulang 27 angka, 10 rebound dan dua assist). Sedangkan dari tim Wolf Warriors, Mike Taylor menjadi pencetak angka terbanyak untuk timnya 32 poin, delapan rebound, empat assist.

Selanjutnya, menutup laga kandang terakhir mereka di bulan Januari ini, CLS Knights Indonesia akan menjamu Westports Malaysia Dragons, pada hari Rabu (30/1/2019). (ais)

ABL 2018 CLS Knights Indonesia Zhuhai Wolf Warriors