Michelin Akuisisi 80% Saham Multistrada Rp 6,2 Triliun

josstoday.com

Ban Michelin untuk MotoGP.

JOSSTODAY.COM - Produsen ban asal Prancis, Michelin, mengakuisisi 80 persen saham PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) senilai US$ 439 juta (Rp 6,2 triliun), Selasa (22/1) melalui pembiayaan internal perusahaan. Langkah ini untuk memperkuat pasar Michelin di Indonesia yang sedang berkembang.

Berdasarkan keterangan tertulis perusahaan, Rabu (23/1), sesuai peraturan bursa, Michelin akan melakukan penawaran umum untuk sisa saham biasa dengan harga sama yang ditawarkan kepada 80 persen pemegang saham Michelin.

Chief Executive Officer Michelin Jean-Dominique Senard mengatakan akuisisi itu merupakan peluang yang tepat bagi Michelin untuk memperluas pasarnya di Indonesia. "Indonesia sebagai negara dengan populasi paling tinggi di Asia Tenggara punya potensi pasar yang tumbuh, dengan akuisisi ini Michelin mendapatkan kapasitas produksi yang berkualitas baik tanpa harus membuat fasilitas manufaktur baru," kata Jean dalam keterangannya.

Michelin akan mengokohkan kehadirannya di pasar domestik. Dengan memanfaatkan keahlian teknis dan investasi baru yang terbatas, secara bertahap Michelin akan mengonversi produksi ban kendaraan penumpang dari kualitas tingkat 3 menjadi tingkat 2 dengan merek Michelin. Sehingga, diharapkan nantinya akan mendorong pertumbuhan permintaan volume ban kualitas 2 di Eropa, Amerika Utara, dan Asia.

Sementara Chief Executive Officer (CEO) PT Multistrada Arah Sarana Tbk (MASA) Pieter Tanuri meyakini Michelin adalah mitra yang tepat mengakuisisi Multistrada menuju era baru mendorong pertumbuhan MASA ke depan dan diharapkan akan memberikan keuntungan bagi seluruh stakeholder dan karyawan.

Multistrada adalah produsen ban lokal yang mempunyai kapasitas produksi lebih dari 180.000 ton yang terdiri dari 11 juta unit ban kendaraan penumpang roda empat, 9 juta ban kendaraan roda dua, dan 250.000 ban truk. Pada 2017, penjualan bersih Multistrada tercatat US$ 281 juta.

Selain itu, melalui akuisisi tersebut, Michelin akan memperoleh 20 persen saham PT Penta Artha Impressi untuk meningkatkan penjualan Michelin Group di Indonesia dan memungkinkan Michelin mempunyai akses ke pasar utama.

Potensi sinergi dalam proses manufaktur, penjualan, dan pembelian tersebut diharapkan bernilai sekitar US$ 70 juta per tahun dalam tiga tahun ke depan. Sebab, secara valuasi, Multistrada, dengan kepemilikan 20 persen saham di PT Penta dan sekitar 50 hektare lahan nilainya sudah mencapai US$700 juta atau setara 6.3 EBITDA selama 12 bulan yang berakhir pada 30 September 2018. (gus/b1)

Michelin