Pertemuan Kedua Trump dan Kim Jong-un Dibahas di Swedia

josstoday.com

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump (kanan) dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, yang bertemu di Singapura pada Jun1 2018, dikabarkan akan melakukan pertemmuan kedua mereka pada akhir Februari 2019.

JOSSTODAY.COM - Rencana pertemuan kedua Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dibahas oleh para utusan di Swedia.

Sepanjang akhir pekan, utusan Amerika Serikat (AS), Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) dan beberapa pakar tiba di Stockholm untuk menghadiri perundingan "format kecil" pertemuan kedua Trump dan Kim yang akan menuntaskan rencana penghentian program nuklir (denukrilisasi) Korut.

Pada Minggu (20/1), Juru bicara Kementerian Luar Negeri Swedia, Buster Mirow Emitslof, mengatakan kepada Associated Press (AP) bahwa utusan yang hadir adalah Steve Biegun (AS), Lee Do-hoon (Korsel), dan Wakil Menteri Luar Negeri Korea Utara Choe Son Hui.

Pembicaraan dipandu oleh pemerintah Swedia dan SIPRI, atau Stockholm International Peace Research Institute, lembaga independen yang fokus pada penelitian tentang konflik, persenjataan dan kontrol senjata.

Kementerian tidak mengungkapkan tempat atau jadwal pertemuan, termasuk apakah sudah resmi dimulai. Kantor berita Swedia TT mengatakan perundingan berlangsung di pusat konferensi di Danau Malaren di barat laut Stockholm, hingga 22 Januari 2019.

Swedia telah memiliki hubungan diplomatik dengan Korut sejak 1973 dan merupakan satu dari sedikit negara Barat dengan kedutaan di sana dan juga menyediakan layanan konsuler untuk Amerika Serikat. (fa/b1)

Donald Trump