Pemerintah Siapkan Rp 2 Triliun untuk Bangun Kembali Lebak-Banten

josstoday.com

Presiden Joko Widodo, bersama sejumlah pejabat terkait berdialog dengani penyintas tsunami Selat Sunda yang berasal dari Pulau Sebesi di GOR Kalianda, Lampung Selatan, Lampung, 2 Januari 2018.

JOSSTODAY.COM - ‎Pemerintah menyiapkan dana Rp 1-2 triliun untuk membangun kembali wilayah-wilayah yang terkena dampak tsunami di Selat Sunda. Pemerintah belum menghitung detail jumlahnya, namun angka sementara adalah antara Rp 1 triliun hingga Rp 2 trilun.

"Belum dihitung. Tapi antara Rp 1-2 triliun lah," kata Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla (JK) usai memimpin rapat pembangunan kembali Lombok, Palu dan kawasan Selat Sunda di kantor Wapres, Jakarta Pusat, Rabu (9/1).

Ia menjelaskan anggaran untuk membangun wilayah-wilayah di Selat Sunda, bukan dana dari pembangunan untuk Lombok atau Palu. Dana yang disiapkan adalah tersendiri.

"Lain lagi, di luar itu (Lombok dan Palu, Red). Walaupun tidak terlalu besar, tapi tidak sebesar di Palu, tapi cukup menjadi perhatian kita," jelas JK.

Menurutnya, dana yang disiapkan dari APBN. ‎Pemerintah masih menunggu data resmi terkait kerugian akibat tsunami Selat Sunda.‎ Setelah datanya sudah final, baru dilakukan pembangunan kembali wilayah-wilayah yang terdampak. (gus/b1)

Dana APBN