Polda Jatim Take Down Ribuan Akun Medsos Penyebar Hoax Pemilu

josstoday.com

Ilustrasi Medsos

JOSSTODAY.COM - Ribuan akun media sosial (medsos) yang menyebarkan kabar bohong atau hoaks terkait penyelenggaraan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 dibongkar jajaran Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim). Ribuan akun penyebar bohong yang di-take down (dimatikan) itu terdiri dari Facebook (FB), Instagram dan ada pula Twitter. Polda Jatim tidak akan membiarkan apapun berita hoaks menyangkut tentang Pilpres 2019.

“Khusus, Kamis (3/1) hari ini saja Unit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Jatim mencatat ada 32 akun medsos penyebar hoaks terkait Pilpres 2019 kita matikan,” tandas Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera dalam siaran persnya yang diterima SP, Kamis. Dia mengatakan, akun-akun yang sengaja dibuat orang-orang tak bertanggung jawab itu dibongkar, agar tidak menimbulkan kegaduhan.

Lebih lanjut Barung mengingatkan, bahwa salah satu berita bohong yang disebar akun-akun medsos tersebut terkait adanya puluhan juta warga Tiongkok yang menjadi daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilpres 2019. Dia menegaskan, kabar tersebut hoaks. Tidak ada tambahan DPT yang berasal dari warga Tiongkok, termasuk di Jatim. Ini sengaja dibuat gaduh dengan tujuan dan maksud tertentu.

“Mengenai DPT tambahan sebanyak 10 juta dari Tiongkok itu hoaks. Sekali lagi, kami tegaskan, berita dan informasi itu 100 persen hoaks,” tandas Barung sambil membenarkan, akun-akun penyebar berita bohong itu sengaja dimunculkan, sebagaimana dikemukakan pimpinan KPU Pusat, adalah untuk mendiskreditkan kinerja Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam Pilpres 2019 sebentar lagi. (is/b1)

Unit Cyber Crime Polda Jatim