Guardiola: Peluang Kami Habis Jika Kalah Lawan Liverpool

josstoday.com

Manajer Manchester City, Pep Guardiola.

JOSSTODAY.COM - Manajer Manchester City, Pep Guardiola, mengakui peluang timnya meraih gelar juara Premier League akan berakhir andai saja kalah saat melawan Liverpool, Kamis (3/1) atau Jumat dini hari WIB.

Manchester City unggul lebih dahulu melalui Sergio Aguero pada menit ke-40. Namun Liverpool berhasil menyamakan skor melalui sundulan Roberto Firmino menit ke-64.

Leroy Sane berhasil membawa Manchester City kembali memimpin pada menit ke-72. Dalam 18 menit sisa pertandingan, Liverpool terus-menerus meneror lini belakang Manchester City.

Beruntung bagi tuan rumah, hingga laga usai, pasukan Juergen Klopp gagal menambah gol. Manchester City menang 2-1 dan mengikis poin dengan Liverpool menjadi empat poin.

Persaingan menuju tangga juara pun kini kembali terbuka lebar. Pep Guardiola memuji kinerjanya yang layaknya di partai final dalam laga di Stadion Etihad ini.

“Saya bangga atas performa mereka namun tidak cuma hari ini,” kata Guardiola kepada BBC Sport. “Kami kalah dua kali dalam empat hari namun jangan lupakan yang sudah mereka lakukan selama 16 bulan. Kami tahu laga hari ini adalah final, jika kami kalah, peluang kami habis,” papar mantan pelatih Barcelona ini.

“Semua pujian layak diberikan kepada para pemain yang luar biasa ini. Seperti inilah kami seharusnya bermain di Liga Champions. Kedua tim berupa mencari celah lawannya. Kami tidak takut, dan kami tak punya rasa takut, dan kami harus melakukan banyak tekanan,” ungkap Guardiola.

“Mereka pemimpin klasemen dan kini selisih berkurang menjadi empat poin tetapi kami harus mengurangi selisih ini,” imbuhnya.

“Kami tahu jika menang maka peluang kami menjadi juara hidup lagi, jika kalah kami habis,” kata pelatih asal Spanyol ini.

Manchester City kini bertengger di posisi kedua, hanya unggul dua poin atas Tottenham Hotspur yang berada satu tingkat di bawah mereka. Pelatih yang pernah meraih juara liga di Spanyol dan Jerman ini mengaku tak tahu kapan persaingan menjadi juara seketat ini.

“Saya tak ingat persaingan liga yang seketat ini. Ada begitu banyak penantang yang bersaing memperebutkan gelar juara. Semuanya ketat. Setiap pertandingan adalah laga final,” ungkapnya lagi.

Manchester City akan kembali bermain pada Minggu mendatang dalam laga Piala FA melawan Rotherham United. Sang manajer berharap timnya bisa memiliki semangat yag sama seperti yang ditunjukkan ketika menundukkan Liverpool.

“Menang itu bikin kecanduan. Coba rasakan,” ungkap Guardiola.

“Kami membicarakanya hari ini. Kami katakan ini final kami dan kami memang bermain seperti di final. Kami bermain seolah ini hari terakhir dalam kehidupan kami,” kata eks pelatih Bayern Muenchen ini. (gus/b1)

Liga Inggris