Gubernur Jatim Resmikan Tugu Parasamya Punakarya Nugraha

josstoday.com

Gubernur Jawa Timur, Dr Soekarwo, saat memberikan sambutan usai meresmikan tugu Parasamya Purnakarya Nugraha di Jalan Pahlawan, Surabaya, Jumat (28/12/2018). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Gubernur Jawa Timur, Dr Soekarwo, meresmikan Tugu Parasamya Punakarya Nugraha di Jalan Pahlawan, Surabaya, Jumat (28/12/2018).

Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengatakan, jika tugu ini didirikan atas instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo ketika memimpin upacara HUT Jawa Timur, 12 Oktober 2016.

"Itu instruksi langsung dari Mendagri. Katanya anugerah ini harus diabadikan, salah satunya dengan dibuat tugu ini," jelasnya saat ditemui usai acara.

Ia menjelaskan, jika tugu ini merupakan simbol yang berisi pesan kepada masyarakat jika Jatim berhasil meraih anugerah bergengsi di tingkat nasional. Apalagi, Jatim secara berturut-turut menjadi provinsi dengan nilai terbaik di antara provinsi lain. Dan raihan ini juga tak lepas dari andil masyarakat yang turut menjaga kondusifitas Jatim.

"Jawa Timur sejak tahun 2010 sampai 2015 itu menghasilkan sistem pemerintahan yang dianggap paling baik. Sedangkan tahun 2016 hingga 2017 juga masih tetap yang terbaik, hanya akan diberikan tahun 2019," tutur Pakde Karwo.

Ia menjelaskan jika penghargaan ini terus didapat Jatim karena mendapat nilai tertinggi dari 178 aspek penilaian yang dilakukan Kemendagri. Di mana, beberapa penilaian dilihat dari aspek pembangunan, peningkatan ekonomi, kondusifitas daerah dan banyak lagi.

Ia pun berharap, dengan adanya tugu ini pemerintah dan masyarakat bisa terus semangat dan kompak bersama-sama untuk membangun dengan budaya yang ada. (ais)

Jawa Timur Pakde Karwo Tugu Parasamya Purnakarya Nugraha