Ribuan Umat Islam Surabaya Desak Cina Hentikan Kekerasan Terhadap Kelompok Islam Uighur

josstoday.com

JOSSTODAY.COM – Kelompok Solidaritas Umat Islam Surabaya (SOLARIS) melakukan aksi damai di Kantor Konsulat Jenderal Cina di Jalan Mayjen Sungkono, Surabaya, Jumat (28/12/2018).

Koordinator SOLARIS, Muhammad Arif Aan menjelaskan, jika kegiatan yang diikuti oleh ribuan ini bentuk desakan kepada pemerintah Cina untuk menghentikan tindakan kekerasan yang dilakukan terhadap kelompok muslim Uighur, di Provinsi Xinjian, Cina.

"Ini adalah solidaritas umat Islam yang di dalamnya adalah kita menyampaikan aspirasi, bahwa segala bentuk kekerasan manusia di muka bumi ini tidak diperbolehkan. Khususnya di Uighur yang kini menjadi perhatian dunia,” ujar Arif.

Ia menilai jika aksi kekerasan yang dilakukan pemerintah Cina sangat luar biasa dan biadab, serta bertentangan dengan Hak Asasi Manusia (HAM).

“Apalagi banyak umat Islam diintimidasi dan mendapat kekerasan dari manapun itu, dan apapun agamanya kalau itu menyalahi HAM itu harus kita bela,” jelasnya.

Karena itu, SOLARIS yang tergabung dari beberapa organisasi Islam di Surabaya mendesak pemerintah Cina untuk menghentikan aksi kekerasan itu. Serta mendesak pemerintah Indonesia untuk segera melakukan upaya diplomatik. (ais)

Islam Uighur Cina