Wali Kota Banda Aceh Sambut Baik Ide Pembangunan MRT

josstoday.com

Kereta MRT Jakarta yang sudah tersedia di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta, 28 Agustus 2018.

JOSSTODAY.COM - Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mendukung dan menyambut baik rencana Pemerintah Aceh membangun sistem transportasi massal atau mass rapid transit (MRT) di ibu kota Provinsi Aceh tersebut.

"Kami menyambut baik rencana pemerintah provinsi membangun MRT di Banda Aceh. Transportasi bertaraf internasional ini nantinya akan menjadi penunjang sektor pariwisata," kata Aminullah Usman di Banda Aceh, Selasa (18/12).

Wali Kota menyebutkan, sudah sepatutnya Banda Aceh sebagai ibu kota provinsi yang juga wajah Aceh di mata dunia, terus dibenahi di segala sektor, tidak terkecuali sistem transportasi massal.

Dengan dibangunnya MRT, kata dia, transportasi di Kota Banda Aceh tentu akan lebih modern dan efisien. Kehadiran MRT tersebut tentu akan menambah moda transportasi yang sebelumnya, yaitu bus Trans Kutaraja di Kota Banda Aceh.

Aminullah Usman menyebutkan jika mengandalkan Anggaran Pendapatan Belanja Kota (APBK) Banda Aceh membangun MRT, pemerintah kota tentu tidak akan mampu. "APBK Banda Aceh hanya Rpc1,2 triliun, tentu tidak akan mampu membangun semuanya. Untuk itu, perlu turun tangan pemerintah provinsi maupun pusat membangun moda transportasi di Kota Banda Aceh," ujarnya.

Kendati anggaran terbatas, lanjut dia, Pemerintah Kota Banda Aceh siap mengalokasikan dana dari APBK dan melobi investor guna mewujudkan proyek MRT tersebut. "Kalau bukan sekarang kapan lagi. Kini saatnya membenahi Kota Banda Aceh secara bertahap. Jika tidak, nanti akan sulit ditata jika lalu lintas Banda Aceh semakin ramai," kata Aminullah Usman.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengungkapkan rencana pembangunan MRT saat penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2019 kepada para bupati dan wali kota se-Provinsi Aceh. (is/b1)

proyek MRT