TNI-Polri Terus Bersinergi?, Negara Aman

josstoday.com

Jenderal Tito Karnavian.

JOSSTODAY.COM - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengemukakan sinergitas TNI dan Polri terus meningkat dan erat akhir-akhir ini. Selama kedua institusi ini terus meningkatkan sinergi dan membantu satu sama lain, negara ini akan aman dan stabil.

"Saya kira yakinlah bangsa Indonesia, selagi Polri dan TNI solid seperti saat ini, insya Allah bangsa kita aman-aman saja," kata Tito usai memimpin apel gelar pasukan di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (30/11).

Apel dilakukan untuk persiapan pengamanan Natal, Tahun Baru, Pileg dan Pilpres. Apel melihatkan 50.000 pasukan yang terdiri atas 43.000 pasukan TNI dan 9.000 pasukan Polri.

Tito menjelaskan, sinergitas TNI dan Polri sudah terbukti selama ini dan berhasil. Dimulai dari pengamanan pilkada bersama. Kemudian pengamanan Lebaran 2018. Lalu berlanjut ke pengamanan Asian Games, Asian Para Games dan KTT IMF di Bali.

"Selagi Polri dan TNI solid seperti ini, yakinlah agenda itu (Natal, Tahun Baru, Pileg dan Pilpres, Red) kita bisa lalui dengan baik dan lancar. Pileg dan Pilpres jangan jadi momok yang perlu ditakuti, inilah pesta. Kita bikin jadi pesta demokrasi, rakyat bergembira ria. Silakan memilih yang terbaik pemimpin-pemimpinnya maupun perwakilannya," ujar Tito.

Sementara Hadi mengemukakan, berulang kali dirinya telah menginstruksikan agar para prajurit netral pada Pemilu 2019. Hal itu sudah ditunjukkan aparatnya pada sejumlah pilkada serentak yang sudah terjadi.

"Sejak pilkada serentak, saya sudah sampaikan surat edaran untuk netralitas. Kemudian kemarin pada serah terima jabatan Kepala Staf TNI Angkatan Darat saya tekankan lagi netralitas. Buku saku tentang netralitas TNI juga sudah dibagikan kepada seluruh prajurit sebagai pegangan saat melaksanakan pengamanan pemilu 2019 nanti. Jadi soal netralitas itu tidak perlu diragukan lagi," tutur Hadi. (fa/b1)

Polri TNI