Dikomando Sekda, Gunungan Mangga Diserbu Warga Probolinggo

josstoday.com

Gunungan mangga setinggi tiga meter ''Probolinggo Tempo Doeloe (PTD) dan Pasar Rakyat Maulid Nabi Muhammad SAW 1440-H"di Alun Alun Kota Probolinggo Selasa (28/11).

JOSSTODAY.COM - Masyarakat Kota Probolinggo sudah tak sabar. Mereka berkerumun di depan tiga gunungan mangga setinggi tiga meter.

Sekda Kota Probolinggo, dr Bambang Agus Suwignyo, pun memberi komando, "Silakan , masyarakat, ambil mangganya."

Serentak masyarakat berebut ribuan butir mangga Manalagi khas kota Probolinggo.

Pemandangan pesta buah ini terjadi saat pembukaan "Probolinggo Tempo Doeloe (PTD) dan Pasar Rakyat Maulid Nabi Muhammad SAW 1440-H" di Alun Alun Kota Probolinggo Selasa (28/11) sore kemarin.

Banca'an mangga ini sekaligus pembukaan event jadul tahunan Pemkot Probolinggo yang bakal jadi kalender event tahunan Pemkot Probolinggo ini.

Pembukaan pameran ditandai pemukulan gong di atas panggung oleh Sekda didampingi Kadisbudpar Pemkot Probolinggo, Tutang Heru Aribowo.

Menurut Sekda, kota Probolinggo sejak jaman dulu dikenal sebagai kota mangga. "Sehingga sangat tepat bila di event PTD dan pasar rakyat Maulid Nabi ini ada banca'an mangga.Sebab di kampung-kampung, secara tradisional, peringatan Maulid Nabi selalu dimeriahkan dengan kenduren buah-buahan," katanya.

Gelar budaya "Probolinggo Tempo Doeloe (PTD) dan Pasar Rakyat Maulid Nabi SAW 1440-H" di Alun Alun Kota Probolinggo ini akan berlangsung hingga Minggu (2/12) depan.

Bintang tamu Cak Sodig New Monata akan tampil Sabtu (1/12) malam membawakan tembang-tembang campursari lawas.

Kegiatan hasil kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Probolinggo dan DMR Production ini disponsori Herbangin, sarung Gajah Duduk, sirup Kurnia, Honda, teh Pucuk Harum, TimeIndonesia dan Josstoday. (dmr)

Probolinggo Tempo Doeloe 2018