Inggris dan Swiss ke Semifinal Liga Negara Eropa

josstoday.com

Striker Inggris, Harry Kane (kanan), bersama rekan-rekannya merayakan sukses menundukkan Kroasia sekaligus memastikan lolos ke semifinal Liga Negara Eropa, Minggu, 18 November 2018.

JOSSTODAY.COM - Inggris dan Swiss memastikan tempat di semifinal Liga Negara Eropa (UEFA Nations League) setelah menang dalam laga terakhir penyisihan grup, Minggu (18/11) atau Senin dini hari WIB. Kemenangan ini membawa Inggris menjadi juara Grup 4 sementara Swiss di Grup 2 League A dan memastikan tampil di Portugal mulai 5 Juni 2019 mendatang.

Setelah tak terjadi gol pada babak pertama, Inggris tertinggal lebih dulu ketika gawang Jordan Pickford dibobol Andrej Kramaric pada menit ke-57. Striker Hoffenheim ini berhasil mendobrak lini belakang memperdaya beberapa pemain Inggris lantas melepaskan tendangan lambung dan membuat Pickford tak berdaya.

Namun tampil di Stadion Wembley membuat semangat Inggris tetap menyala. Jesse Lingard berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-78.

Gol bermula dari umpan lambung dari sisi kanan yang disambut Harry Kane dengan mmberikan umpan ke mulut gawang. Lingard yang sudah berada persis di mulut gawang tanpa kesulitan melesakkan bola ke gawang.

Gol penentu kemenangan dramatis Inggris terjadi lima menit menjelang pertandingan usai melalui aksi Kane. Penyerang Tottenham Hotspur ini menyambut umpan sepak pojok dari sisi kiri. Dia menjatuhkan diri untuk menjangkau bola dengan kakinya dan berhasil membuat Inggris meraih tiga poin.

Inggris tampil sebagai juara grup dengan koleksi tujuh poin dari empat pertandingan. Sementara Spanyol berada di urutan kedua dengan enam poin. Dan Kroasia menjadi juru kunci dengan raihan empat poin.

Di Grup 2, Swiss memastikan tempat di babak empat besar setelah menundukkan Belgia 5-2. Belgia sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk memastikan diri melaju ke semifnal.

Peluang Swiss seperti punah ketika dalam 17 menit mereka kebobolan dua gol yang semuanya dicetak Thorgan Hazard.
Namun Swiss kemudian bangkit dan memenangkan pertandingan. Striker Benfica, Haris Seferovic, menjadi bintang setelah mencetak tiga gol masing-masing pada menit ke- 31, 44, dan 84. Dua gol lainnya dicetak Ricardo Rodriguez pada menit ke-26 (penalti) dan Nico Eveldi (62).

Swiss dan Belgia sebenarnya sama-sama mengantongi sembilan poin. Namun Swiss berhak menyabet status juara grup karena unggul selisih gol.

Tim lain yang telah memastikan diri lolos ke semifinal adalah Portugal. Skuat yang diperkuat Cristiano Ronaldo ini dipastikan menjadi juara Grup 3 meski masih menyisakan satu pertandingan melawan Polandia pada 20 November mendatang.

Satu semifinalis lainnya Senin (19/11) atau Selasa dini hari WIB. Belanda hanya butuh hasil seri melawan tuan rumah Jerman untuk bisa menyusul tiga semifinalis yang sudah pasti melaju. Prancis sangat berharap Jerman bisa menolong mereka dengan menundukkan pasukan Ronald Koeman.

Bagi Jerman, laga ini tak lagi menentukan. Namun kemenangan tentunya bisa sedikit mengembalikan harga diri mereka yang sudah pasti turun ke League B karena menjadi juru kunci di Grup 1 League A. (gus/b1)

Liga Negara Eropa