7.000 Personel Gabungan Siaga Antisipasi Bencana Banjir

josstoday.com

Irjen Idham Azis.

JOSSTODAY.COM - Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, Pemprov DKI Jakarta, dan instansi lainnya, menyiapkan 7.000 personel gabungan untuk mengantisipasi keamanan dan penanganan bencana banjir yang mungkin terjadi pada musim hujan, di Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya, akhir tahun 2018 ini.

"Menghadapi musim penghujan di ujung tahun ini, Polda Metro Jaya bersama Kodam, Pemda, kita menyiapkan kurang lebih 7.000 personel. 7.000 personel kita siapkan untuk selalu siaga menghadapi musim hujan," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis, Jumat (16/11).

Dikatakan, selain satuan tugas (satgas) yang dibentuk Polda Metro Jaya, ada juga 13 sub satgas di tingkat Polres. "Ada 13 sub satgas di tingkat Polres bersama Kodim, Wali Kota, Kabupaten, juga siap. Sehingga kalau terjadi bencana lokal, itu cukup ditangani oleh sub satgas itu," ungkapnya.

Sementara itu, Gubernur Anies Baswedan menyampaikan terima kasih kepada aparat keamanan dengan terbentuknya satgas dan sub satgas dalam mengantisipasi ancaman banjir di Ibu Kota Jakarta.

"Atas nama pemprov dan warga Jakarta izinkan saya mengucapkan terima kasih atas prakarsa Kapolda yang laksanakan apel kesiapan, utamanya mengantisipasi ancaman banjir di Jakarta dan sekitarnya. Insya Allah ini penanda segala bahaya bencana bisa diantisipasi dan mitigasi dengan baik," katanya.

Ia menuturkan, BMKG menyebutkan musim hujan akan terjadi sampai bulan Maret mendatang. "Jadi ini waktu kita harus melakukan langkah antisipasi secara rinci dan detail. Masalah banjir adalah konsekuensi dari curah hujan yang tinggi yang tidak terserap di bumi. Jangka pendek, lewat apel menunjukkan kepada warga bahwa seluruh jajaran, kita sebagai bagian aparatur negara siap, tanggap untuk menggalang," jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan catatan Pemprov DKI Jakarta, ada 30 titik yang berpotensi mengalami banjir di Jakarta. Ada tiga kata kunci dalam mengantisipasi bencana banjir yakni, siaga, tanggap dan galang. "Melalui tiga kunci itu saya berharap banjir bisa tertangani," tandasnya. (ba/b1)

 

Banjir bencana banjir