Perbaikan Tanggul Porong Diperkirakan Tuntas dalam Sebulan

josstoday.com

Alat berat dioperasikan untuk mengerjakan penguatan dan perbaikan tanggul penahan lumpur Porong yang ambles di titik 67 Gempol Sari, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (9/10). Pekerjaan tersebut untuk memperbaiki kondisi tanah tanggul yang mengalami penurunan dan retaknya tanah tanggul karena volume lumpur.

JOSSTODAY.COM - Perbaikan dan peninggian tanggul penahan kolam lumpur panas Porong, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur yang ambles dan longsor ditargetkan rampung dalam satu bulan ke depan.

Bangunan dinding tanggul juga akan diperkuat guna meminimalisasi dari kemungkinan ambles lagi, sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran keamanan bagi penduduk Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Kabupaten Sidoarjo.

“Kami targetkan tidak sampai sebulan (peninggian dan penguatan tanggul yang amblas) selesai. Kami kebut sehingga jika musim penghujan tiba, kondisi tanggul sudah kokoh kembali,” ujar Humas Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo (PPLS) Hengky Listria Adi menjawab pertanyaan wartawan ketika meninjau lokasi tanggul di Desa Gempolsari, Tanggulangin, Sidoarjo, Rabu (10/10).

Lebih lanjut Hengky menjelaskan, PPLS juga akan melakukan pengecekan semua tanggul yang ada di sebelah sisi utara kolam. Hal itu mengantisipasi kejadian lubernya air dan material lumpur tidak terulang kembali. Penguatan tanggul tidak hanya dilakukan dari luar saja tetapi juga dari dalam tanggul.

"Pengaliran air yang ada di kolam (pond) ini dengan mengandalkan over flow, kemudian mengarah ke Desa Glagaharum dilanjutkan ke titik 42 kemudian dipompa ke Kali Porong,” terang Hengky.

Hengky menambahkan, sebenarnya sejak awal penanganan tanggul yang ambles sepanjang 100 meter dengan kedalaman 5 meter itu sudah dilakukan. Namun penanganan hanya sebatas mengurangi aliran semburan yang mengarah ke pond 67. Dan mengalir ke ke pondyang lain kemudian di pompa dengan kapal keruk ke Kali Porong. Perbaikan tanggul ditinggikan seperti semula dengan elevasi 11 meter.

Sementara itu Kapolres Kota Sidoarjo Kombes Pol Himawan Bayu Aji bersama Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Kav Arief Cahyo Widodo yang juga ikut melakukan pengecekan tanggul yang amblas meminta, agar PPLS secepatnya menyelesaikan penguatan pada tanggul yang amblas agar tidak menambah keresahan masyarakat terdekat yang terdampak dengan tanggul penahan lumpur.

Himawan menambahkan pihaknya berharap Bhabinkamtibmas dan Babinsa di Kecamatan Tanggulangin segera memberikan sosialisasi terkait amblesnya tanggul penahan lumpur itu agar masyarakat tidak resah, karena PPLS sedang meninggikan tanggul yang ambles di titik 67 masuk Desa Gempolsari, Kecamatan Tanggulangin, Sidoarjo. Ada dua unit ekskavator sedang meninggikan tanggul.

“Kami sekarang menjadi agak tenang karena PPLS sudah dengan cepat melakukan penguatan tanggul kolam lumpur yang longsor dan ambles sebelum musim penghujan tiba,” ujar Hariyanto (55) penduduk tokoh Desa Gempolsari yang ikut melihat perbaikan tanggul, Rabu sore. Ia berharap dalam sepekan perbaikan tanggul rampung sehingga menjelang akhir Oktober ini perbaikan tanggul sudah tuntas.  (ba/b1)

lumpur porong