Ratna Sarumpaet Siap Kembalikan Uang Sponsorship ke DKI

josstoday.com

Aktivis Ratna Sarumpaet (tengah), tiba di Direktorat Reserse Kriminal Umum (Dirkrimum) untuk menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis 4 Oktober 2018.

JOSSTODAY.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI, Asiantoro mengatakan, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Ratna Sarumpaet. Hasilnya, Ratna bersedia mengembalikan uang sponsorship yang belum terpakai ke Pemprov DKI.

“Sudah dikasih tahu sama kepala seksi saya, Bu Sherly, kalu Bu Ratna sudah oke kok. Dia akan langsung transfer nanti,” kata Asiantoro di gedung DPRD DKI, Jakarta, Rabu (10/10).

Ia mengaku tidak tahu kepala seksinya berkomunikasi dengan Ratna langsung atau dengan pihaknya pengacara atau stafnya Ratna. Hanya ia mendapat kepastian Ratna akan mengembalikan uang sponsorhipyang tidak terpakai.

“Saya enggak tahu kepala seksi saya berkomunikasi dengan siapa. Intinya sudah ada komunikasi. Dan Bu Ratna siap mengembalikan uangnya segera,” ujarnya.

Asiantoro merincikan uang sponsorhip sebesar Rp 70 juta dialokasikan untuk pembelian tiket pesawat pergi pulang dan akomodasi sebesar Rp 50.380.000, uang harian atau uang saku sebesar Rp 19.857.000 dan asuransi perjalanan Rp 526.000.

Dana tersebut telah ditransfer ke rekening Ratna pada tanggal 28 September 2018. Namun, Ratna meminta kepala seksinya yang bernama Sherly untuk mengurus tiket perjalanan.

“Akhirnya dapat jadwal keberangkatan itu. Jadi dananya sebagian sudah dibayarkan untuk tiket. Itu pun tiketnya adalah tiket promo, jadi murah. Tetapi karena tiket promo maka konsekuensinya tidak bisa dikembalikan kalau tak jadi berangkat. Jadi hangus,” terangnya.

Begitu juga, dengan biaya akomodasi yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan lagi. “Akomodasi juga sudah dibayarkan semua. Jadi perhitungannya sudah dibayarkan semua. Kalau promo tidak akan bisa dikembalikan,” jelasnya.

Jadi, tambahnya, yang bisa dikembalikan hanya uang saku yang belum dipakai Ratna karena batal berangkat ke Cile. Yakni sebanyak Rp 19,8 juta.

“Detailnya saya belum tahu. Tapi yang jelas dari Rp 19,8 juta sekian, sudah kita potong. Jadi sisanya lah. Karena tiket pesawat engga bisarefund. Sudah ada surat dari maskapainya, karena namanya booking, enggak mungkin dipulangkan uangnya,” paparnya. (fa/b1)

Ratna Sarumpaet kasus Ratna Sarumpaet