McGregor Dilarang Tanding Satu Bulan

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Bagai sudah jatuh, tertimpa tangga pula. Begitulah nasib petarung asal Irlandia, Conor McGregor. Setelah kalah knockout atau TKO dari Khabib Nurmagomedov pada ronde keempat, Ultimate Fighting Championchip (UFC), Minggu (8/10) siang WIB lalu, ia juga masih dihantam oleh tim Khabib dalam insiden setelah pertandingan.

Rupanya, “kesialan” McGregor tidak hanya berhenti di situ. Ia juga dilarang bertanding selama satu bulan ke depan karena alasan medis. McGregor disebut mendapat “sanksi medis” selama satu bulan, berdasarkan daftar “sanksi medis” bagi para petarung untuk bersaing di UFC 229. Dengan “sanksi” tersebut, maka McGregor tidak boleh bertanding selama satu bulan ke depan.

Artinya lagi, rencana tanding ulang McGregor versus Khabib tidak akan terjadi selama satu bulan ke depan, hingga 11 November 2018. “Conor McGregor dikenai sanksi hingga 6 November 2018, tidak ada kontak hingga 28 Oktober 2018,” demikian bunyi pernyataan resmi dari UFC sebagaimana dikutip Express.co.uk. “Sanksi” serupa juga diterima petarung Derrickk Lewis dan Vicente Luque.

Padahal, Presiden UFC, Dana White mengaku, McGregor sudah menghubunginya lewat telepon meminta tanding ulang melawan Khabib.

Sanksi ini merupakan pukulan telak untuk McGregor. Pasalnya, Khabib yang dituduh menyerang tim McGregor terlebih dahulu pada insiden Minggu (8/10) lalu, sebelum McGregor ingin balik menyerang, justru tidak diberi sanksi apa pun. Ia sudah tiba di negaranya dan disambut meriah seperti seorang pahlawan.

Dalam daftar yang dirilis UFC, Conor McGregor bukan satu-satunya petarung yang dilarang bertanding karena alasan medis. Bahkan, ada petarung yang mendapat “sanksi medis” hingga tahun depan yaitu 5 April 2019, seperti Anthony Pettis, Dominick Reyes, Jalin Turner, dan Scott Holtzman.

McGregor baru saja kembali ke ajang mixed martial arts (MMA) dalam sebuah pertarungan yang disebut-sebut terbesar sepanjang sejarah UFC, setelah dua tahun absen. Sayang, dia langsung menelan kekalahan dan diwarnai insiden di ujung pertandingan.
Setelah kejadian tersebut, Khabib langsung meminta maaf atas aksinya.Ia sadar, tindakannya itu tidak patut.

Namun, ia menyesalkan orang tidak memahami mengapa ia melakukan hal tersebut. “Pertama-tama, saya ingin meminta maaf kepada Komisi Atletik Nevada dan Las Vegas. Saya tahu ini bukan tindakan yang baik. Saya seorang manusia biasa,” katanya setelah pertandingan.

Ia melanjutkan, “Saya tidak mengerti, kenapa orang tidak bertanya kenapa saya melompat keluar arena pertandingan. Saya lakukan itu karena ia berbicara tentang agama, negara, dan ayah saya. Padahal, ini sebuah olahraga yang sangat terhormat. Saya ingin mengubah bahwa ini bukan soal agama dan nasionalisme, tetapi murni olahraga.”

Sebaliknya, McGregor tidak membuat pernyataan apa pun tentang insiden tersebut. Ia justru membuat pernyataan provokatif bahwa ia boleh saja kalah dari pertandingan, tetapi menang dalam pertempuran. Dan, kata McGregor lagi, pertempuran itu masih akan berlangsung. (gus/b1)

UFC Conor McGregor