Gunung Anak Krakatau Alami Gempa Tremor

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan perkembangan aktivitas Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Kabupaten Lampung Selatan, masih mengalami gempa tremor menerus berdasarkan pengamatan kegempaan sepanjang Selasa (18/9) hingga Rabu (19/9) dini hari.

Menurut BMKG, melalui rilis diterima di Bandarlampung, Rabu, meneruskan laporan Windi Cahya Untung, petugas pengamatan dari Kementerian ESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Anak Krakatau periode pengamatan 18 September 2018 pukul 00.00-24.00 WIB, menunjukkan aktivitas Gunung Anak Krakatau mengalami kegempaan tremor menerus amplitudo 3-48 mm dominan 35 mm.

Gunung Api Anak Krakatau dengan ketinggian 305 meter dari permukaan laut sepanjang pengamatan itu, cuaca cerah dan berawan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah utara, dan timur laut, dan timur. Suhu udara 23-33 derajat Celsius, kelembapan udara 48-95 persen, dan tekanan udara 0-0 mmHg.

Secara visual kondisi gunung kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati.

Visual malam dari CCTV teramati sinar api dan aliran lava pijar ke arah selatan. Terdengar suara dentuman dan dirasakan getaran dengan intensitas lemah dipos Pengamatan Gunung Anak Krakatau itu.

Kesimpulan tingkat aktivitas Gunung Anak Krakatau Level II (Waspada), dan direkomendasikan masyarakat/wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari kawah. (is/b1)

Gunung Krakatau