Syamsuar Gubernur Riau Terpilih Siap Dukung APPSI

josstoday.com

Gubernur Riau Terpilih Syamsuar menyerahkannya cinderamata kepada tim ekspedisi APPSI (foto: Rizki Dwi Putra)

JOSSTODAY.COM - Gubernur Riau Terpilih yang masih menjabat sebagai Bupati Siak, Syamsuar mendukung penuh sinergi antar provinsi dalam wadah Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI). Hal tersebut disampaikan Syamsuar kepada Tim Ekspedisi 34 Gubernur di Kantor Bupati Siak pada Senin (17/9).

Kepada Tim Ekspedisi dari APPSI, Syamsuar mengungkapkan berbagai rencananya kedepan untuk kemajuan Riau, sangat memerlukan sinergi dengan provinsi lain. Diantara prioritas Syamsuar sebagai Gubernur adalah menyelesaikan persoalan replanting sawit, mengembangkan industri kreatif, perikanan, pariwisata, industri hingga budaya.

"Sinergi antar provinsi harus terus dibangun, terlebih untuk memenuhi supply and demand antar provinsi terdekat," ujar Syamsuar.

Kemudian Syamsuar menyoroti beberapa masalah di Riau dan akan menjadi fokus kerjanya kedepan sebagai Gubernur.

Pertama dalam soal replanting Sawit, Syamsuar menyebut uang yang diharapkan petani untuk membantu proses replanting tak kunjung cair. Maka pihaknya menjanjikan akan mempercepat proses tersebut.

Kemudian Syamsuar melihat, kurangnya infrastruktur membuat potensi pariwisata Riau yang luar biasa menjadi terhambat.

Lalu dalam aspek pertumbuhan ekonomi, Syamsuar menilai sudah saatnya Riau tidak hanya mengandalkan migas dan mulai mencari substitusi lainnya.

Selain itu, dalam sektor industri kreatif Syamsuar melihat bahwa selama ini karya dan aspirasi anak muda tersumbat dan tidak difasilitasi, oleh karena itu pihaknya menjanjikan akan membuat Riau Creative Hub sebagai wahana berkarya anak muda Riau.

Berikutnya dalam potensi laut Riau yang begitu kaya, Syamsuar menyebut selama ini justru keuntungannya lebih dinikmati oleh negara tetangga ketimbang dinikmati nelayan. Padahal seharusnya ekspor ikan bisa banyak menguntungkan nelayan.

Terakhir dalam aspek kebudayaan, dalam rangka mengejar target Riau sebagai pusat kebudayaan melayu tahun 2020, ia mengaku telah membangun komunikasi dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad untuk mewujudkannya.

Syamsuar akan dilantik sebagai Gubernur Riau pada Maret 2019, dan pihaknya mengaku tak sabar untuk bisa berkolaborasi dengan provinsi lain dalam wadah APPSI.  (is/pr)

APPSI