TNI-Polri Siapkan Pengamanan Asian Para Games

josstoday.com

Ilustrasi

JOSSTODAY.COM - Kodam Jaya dan Polda Metro Jaya tengah menyiapkan sistem pengamanan terkait perhelatan olahraga Asian Para Games 2018, di Jakarta, pada 6 hingga 13 Oktober 2018 mendatang. Sebanyak, 10.000 personel gabungan dilibatkan.

"Kami menyiapkan untuk pelaksanaan pengamanan Asian Para Games yang direncanakan pada tanggal 6 sampai 13 Oktober. Perkuatan (personel) yang kita libatkan kurang lebih 10.000 di-backup oleh Pangdam Jaya untuk melaksanakan pengamanan Asian Para Games," ujar Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Idham Azis, di Mapolda Metro Jaya, Rabu (5/9).

Dikatakan, pihak keamanan akan belajar dari keberhasilan pengamanan hajat besar olahraga Asian Games, sehinga kegiatan Asian Para Games dapat berjalan aman dan kondusif. "Ada pengalaman Asian Games, Insya Allah pelaksaaan Para Games akan berjalan dengan baik. TNI dan Polri dalam hal ini Kodam Jaya dan Metro Jaya bersinergi untuk lakukan pengamanan maksimal. Mohon doa restu," ungkapnya.

Ia menyampaikan, pola pengamanan kemungkinan agak sedikit berubah karena venue yang digunakan lebih banyak di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat. "Sekarang fokus sekitar GBK. Atlet dan offisial yang datang juga nggak banyak. Kemudian cabang olahraga nggak banyak, kalau saya nggak salah 14," katanya.

Sementara itu, Pangdam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto menuturkan, pihaknya siap mendukung penuh pengamanan Asian Para Games.

"Kita akan dukung penuh untuk menyukseskan ini. Yang jelas kemarin pelajaran bagus, kita amankan Asian Games. Sehingga ini jadi langkah awal dan kegiatan yang bagus bagi kita ke depan untuk lakukan kerja sama dan tugas dari awal. Sekali lagi kita harapkan dukungan dari masyarakat Jakarta bagaimana visi misi yang diembankan untuk kami, untuk negara ini bisa berjalan sukses," katanya. (ba/b1)

Asian Games 2018