Khofifah - Emil Terpilih Gubernur, Bapillu Nasdem Berangkatkan Relawan Ziarah Wali

josstoday.com

Ketua Bappilu Nasdem H. Ipong Muchlissoni memberikan penjelasan pers seusai memberangkatkan rombongan ziarah wali di kantor Bapilu Nasdem Jatim, Sabtu, (21/7/3018). ( Foto: Rully Anwar)

JOSSTODAY.COM – Setelah sukses mengantarkan pasangan Hj. Khofifah Indar Parawansa dan H. Emil Elestianto Dardak memenangkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018, Muslimat se-Surabaya bersama Partai Nasional Demokrat (NasDem) Jawa Timur menggelar syukuran. Acara yang mereka sepakati melakukan ziarah Wali Tujuh, Sabtu (21/07/2018).

Peserta ziarah yang terdiri dari pegurus Muslimat Se-Surabaya itu, diberangkatkan dari halaman Kantor Badan Pemenangan Pemilihan Umum (Bappilu) Partai NasDem Jatim di Jl. Arjuna 142, Surabaya. Peserta ziarah yang dilepas Ketua Bappilu Partai NasDem Jatim, H. Ipong Muchlissoni itu sebanyak 5 bis.

“Sesungguhnya banyak pilihan untuk mensyukuri keberhasilan perjuangan seorang atau sekumpulan muslim, tapi saya pribadi sangat senang, bangga, dan kagum atas pilihan ibu-ibu muslimat se-Surabaya ini mengaplikasikan rasa syukur pada Allah dengan memilih melakukan ziarah wali tujuh,” kata H. Ipong saat memberikan sambutan pelepasan peserta.

Suasana pemberangkatan di Kantor Bappilu Nasdem, H Ipong Muchlissoni memberikan sambutan pemberangkatan.  (Foto: Rully Anwar)

Dengan memilih melakukan ziarah wali sebagai bentuk syukur tersebut, menurut Bupati Ponorogo itu, sebenarnya para ibu-ibu muslimat itu telah melakukan dua bentuk perilaku seorang muslim yang dituntun Rasulullah Muhammad SAW.

Pertama, mensyukuri atas kenikmatan dan kebaikan yang diberikan Allah atas kemenangan pasangan Khofifah-Emil dalam Pilgub Jatim.

Sementara yang kedua telah melakukan sebuah ibadah sunnah atas agenda ziarah wali tujuh tersebut. 

"Bila Khofifah-Emil menang di Jatim ini, kita sangat bersyukur, karena memang sudah sangat lama diprediksi. Dan sekarang makin bersyukur dobel dobel, karena Khofifah-Emil ini juga menang di Surabaya. Padahal di banyak survey khan Khofifah-Emil kalah, mari terus kita kawal Bu Khofifah dan Mas Emil," kata Ipong Muchlissoni disambut tepuk tangan.

Adapun rombongan ibu-ibu muslimat akan mengawali acara ziarah wali tujuh itu dengan ziarah ke makam Sunan Ampel di kompleks makam di belakang Masjid Ampel, Ampel Dento, Surabaya. Selanjutnya rombongan akan melanjutkan ziarah kedua ke makam Sunan Giri di Giri Kedaton, Gresik.

H Ipong Muchlisson bersamai relawan Khofifah Emil, berdoa di makam Sunan Ampel. (Foto: Rully Anwar)

Rombongan kemudian melanjutkan berziarah ke makam Syekh Maulana Ishaq (ayah Sunan Giri) di Jl. Maulana Ishaq, Desa Kemantren, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan. Selanjutnya perjalanan rombongan akan dilanjutkan ke makam Sunan Drajat yang lokasinya sekitar 2 km sebelah Timur makam Syekh Maulana Ishaq. Ulama bernama asli Raden Qasim Syarifuddin ini merupakan putra kedua dari Sunan Ampel dari istri pertama, Nyi Ageng Manila (sumber lain menyebut Dewi Candrawati, putri Majapahit).

Setelah dari makam Sunan Drajat, rombongan akan ziarah ke makam ulama besar yang menjadi cikal bakal keberadaan para wali di tanah Jawa, yaitu makam Syekh Malana Ibrahim Asmoro Qondi. Dia adalah ayah Sunan Ampel. Makam keturunan kesembilan Rasulullah Muhammad SAW dari garis keturunan putri Sayyidah Fatimah dengan Sayidina Ali R.A. ini terletak di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Salah satu konsep ajaran Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi terlihat di pintu gerbang masjid dengan tulisan “sabar, nerima, ngalah, loman, akas dan temen”, yang memiliki makna mendalam bagi kehidupan umat manusia di muka bumi.

Sedangkan ziarah wali tersebut akan diakhiri dengan ziarah ke makam Sunan Bonang di Jl. KH Mustain, Desa Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban. (ru)

Nasdem khofifah-emil muslimat