Tinjau LRT Palembang, Presiden Harapkan Budaya Disiplin

josstoday.com

Light Rail Trainset (LRT) Palembang segera dioperasikan yang didahului dengan peresmian oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di pertengahan Juli.

JOSSTODAY.COM - Presiden Joko Widodo meninjau kesiapan sarana kereta ringan atau Light Rail Transit di Palembang, Provinsi Sumatera Selatan, dengan menumpang LRT itu. Presiden mengharapkan terbangun budaya disiplin dari masyarakat dalam penggunaan transportasi massal.

"Ini adalah kereta ringan LRT pertama di Indonesia, yang telah kita mulai jalankan. Pertama memang dalam rangka menyambut Asian Games 2018, tetapi juga dalam jangka panjang kita ingin memberikan pilihan alternatif kepada masyarakat," kata Presiden usai meninjau uji coba LRT Palembang di Stasiun Jaka Baring Sport City, Palembang pada Jumat (13/7).

Presiden menumpang gerbong LRT dari Stasiun Palembang Icon hingga Jaka Baring Sport City.

Rangkaian LRT yang ditumpangi presiden berwarna putih dengan corak garis biru dan kuning.

Selama di dalam gerbong, Presiden melihat kondisi desain interior gerbong.

Dengan LRT, Presiden ingin pembangunan budaya SDM Indonesia meningkat dengan mempelajari sikap disipilin.

"Kita harapkan nanti sekali lagi kita ingin membangun sebuah budaya disiplin, budaya antre, budaya menggunakan transportasi massal, dan ini akan lebih efisien daripada kalau kita menggunakan mobil-mobil pribadi," kata Presiden.

Sejumlah pejabat yang mendampingi presiden dalam acara peninjauan LRT itu antara lain Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

Kereta api ringan tersebut sudah diuji coba oleh Kementerian Perhubungan.

Untuk tahap awal, LRT Palembang akan digunakan untuk sarana transportasi Asian Games 2018. Usai perhelatan olah raga itu, masyarakat umum dapat memanfaatkannya sebagai moda transportasi.

Jalur LRT terbentang mulai dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II menuju kawasan olahraga Jaka Baring Sport City, Palembang.

Kereta ringan itu akan melalui sejumlah kawasan wisata di Palembang antara lain Pasar Cende, Jembatan Ampera, Benteng Kuto Besak, serta Sungai Musi yang terkenal. (ba/b1)

Proyek LRT