Hajar Filipina, Timnas U-19 Amankan Posisi Puncak

josstoday.com

Pemain Timnas U-19, Todd Rivaldo Albert Ferre (tengah) melakukan selebrasi syukur usai mencetak gol keempat dalam lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (5/7/2018). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Timnas Sepak Bola Indonesia U-19 berhasil mempertahankan posisinya di puncak klasmen Grup A Piala AFF U-19 2018. Raihan tiga poin ketiga ini, Indonesia berhasil mengalahkan Timnas Filipina dengan skor 4-1 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Kamis (5/7/2018).

Melawan tim yang tak diunggulkan lolos dari grup A, Indonesia tampil diluar ekspetasi. Tim besutan Indra Sjafri yang tampil dominan menyerang tak mampu menembus pertahanan rapat dari para pemain Filipina.

Asik menyerang, Indonesia kerap meninggalkan ruang kosong di lini pertahanan. Ruang kosong itu dimanfaatkan Filipina untuk melakukan serangan balik cepat.

Tepat di menit 29, serangan balik cepat memaksa pemain Indonesia untuk melakukan pelanggaran. Chester Gio yang mengeksekusi tendangan bebas berhasil menjebol gawang Indonesia, setelah tendangan melengkungnya berhasil mengecoh kiper M.Riyandi.

Indonesia yang tertinggal mencoba bangkit. Bahkan untuk menambah daya gedor, Indra Sjafri memasukkan Saddil Ramdani yang menggantikan Samuel Christianson.

Sayangnya, serangan bertubi-tubi Timnas tak ada yang menjadi gol. Skor 0-1 menutup babak pertama.

Mencoba membalik keadaan, usai turun minum Indra Sjafri langsung memasukkan Todd Rivaldo Albert Ferre yang menggantikan Resky Fandy. Masuknya Saddil dan Todd semakin mempertajam serangan Timnas.

Namun, setelah beberapa menit permainan, penampilan Nurhidayat dkk tampil menurun. Filipina pun balik melakukan serangan yang dominan. Namun, disiplinnya pemain belakang Timnas berhasil meredam serangan Filipina.

Buntu dalam pengusaan permainan, Indra Sjafri kembali memasukkan Syahrian Abimanyu yang menggantikan Lutfi Kamal. Sempat lambat beradaptasi dengan permainan, Abimanyu perlahan mulai bisa menguasai lini tengah.

Saddil Ramdani yang kerap menyisir sisi kanan pertahanan Filipina berhasil membuka keunggulan dengan tendangan jarak jauhnya di menit ke-82. Gol itupun langsung membakar semangat Nurhidayat dkk.

Benar saja, satu menit berselang bek kiri Firza Andika berhasil menggandakan keunggulan Timnas menjadi 2-1, setelah sundulannya menjebol gawang Filipina.

Ingin mengunci kemenangan, Indonesia berhasil menambah dua gol melalui tendangan jarak jauh Saddil di menit ke-85, dan tendangan tipuan Todd Rivaldo Albert Ferre di menit ke-92.

Pelatih Indra Sjafri mengaku, jika pertandingan hari ini menjadi pelajaran penting bagi anak asuhnya dalam menunjukkan mentalitas bertanding.

Tak hanya itu, Indra juga mengaku jika dirinya kaget melihat penampilan Filipina. "Cuma saya gak kepikirkan mereka (Filipina) tampil ngepress kita sampai 2/3 lapangan, mereka hari ini berani tampil keluar," aku Indra.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia berhasil mempertahankan posisi puncak dengan poin sembilan, diikuti oleh Vietnam dan Thailand dengan poin tujuh. (ais)

Piala AFF 2018 Indonesia Filipina