Jaga Ketertiban Pilgub, Kades Tanggul Kulon: Peran Linmas Sangat Dibutuhkan  

josstoday.com

Pejabat Desa bersama para Babhinkamtibmas, Babinsa serta anggota Linmas Desa Tanggul Kulon.

JOSSTODAY.COM - Arifin Wahyuono Kepala Desa Tanggul Kulon Kecamatan Tanggul mengatakan, peran aparat linmas sangat dibutuhkan dalam menjaga ketertiban umum dan ketentraman dalam Pilkada. Untuk itu anggota Linmas Desa Tanggul Kulon harus siap siaga jika dibutuhkan kapanpun, termasuk dalam Pilgub mendatang.

“Keikutsertaan Linmas dalam memelihara keamanan, ketenteraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan sangatlah vital,” tutur Kades Tanggul Kulon  saat memimpin Apel Kesiapsiagaan dalam rangka Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur Rabu (16/5).

Selain puluhan anggota Linmas, apel yang digelar di Pendopo Desa Tanggul Kulon itu  juga dihadiri Bhabinkamtibmas serta Bhabinsa Desa Tanggul Kulon.

Dalam sambutannya Bhabinkamtibmas Desa Tanggul Kulon AIPTU Hermansyah berpesan kepada seluruh anggota Linmas yang hadir untuk ikut berperan menjaga bersama-sama agar situasi tetap kondusif.

“Peran Linmas dibutuhkan bukan hanya saat hari H pencoblosan. Namun kami mengajak Linmas berperan menjaga situasi Kamtibmas lingkungan desa menjelang Pemilu baik Pilgub maupun Pilpres,” jelasnya.

Dirinya juga menegaskan, anggota Linmas diberikan tanggujawab di Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk menjaga keamanan dan ketertiban saat proses pemungutan hingga penghitungan rampung.

“Linmas Harus bisa mendeteksi dini tindakan yang akan menimbulkan krimilnalitas, seperti larangan membawa Sajam serta Linmas harus mengawal penghitungan suara hingga selesai,” katanya.

Senada dengan itu Babinsa Desa Tanggul Kulon Ah Basori juga mengajak kepada masyarakat untuk selalu menjaga keamanan di wilayah desa. Yaitu dengan saling pengertian antar tetangga dan saling hormat menghormati serta jangan mudah terprofokasi oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

“Kami berharap Linmas mampu mendeteksi tetangga baru atau orang asing di setiap lingkungannya, terapkan 24 jam wajib lapor. Jika ada hal yang mencurigakan segera koordinasi dengan Babinsa atau Babinkamtibmas serta Kepala Dusun setempat,” pungkasnya. (mif)

 

pilkada 2018