Festival Budaya Pop dan Tradisional Jepang Isshoni Tanoshimimashou 13 Sastra Jepang Universitas Brawijaya

josstoday.com

Poster Festival Isshoni Tanoshimimashou 13 Universitas Brawijaya

JOSSTODAY.COM - Isshoni Tanoshimimashou 13 yang berarti “Mari bersenang-senang bersama” adalah gelar budaya Jepang, baik budaya Pop maupun budaya tradisional Jepang.

Acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya ini merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan di Fakultas Ilmu Budaya semenjak dua belas tahun silam.

Hingga saat ini dari setiap tahunnya acara tersebut dikunjungi oleh lebih dari 10.000 pengunjung berdasarkan pada data beberapa tahun lalu. Tahun ini, Isshoni Tanoshimimashou 13 diadakan pada tanggal 28 dan 29 April 2018 di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya, Malang dengan mengangkat tema “Natsu no Seishin”??????yang berarti semangat musim panas.Acara yang tiap tahunnya diselenggarakan initerbagimenjadiduahari. Hari pertama terdiri dari rangkaian lomba kemampuan berbahasa Jepang antar pelajarSMA sederajat se-Indonesia maupun lomba untuk umum.

Di hari kedua, yang merupakan puncak acara dimana akan terdapat berbagai suguhan budaya Pop Jepang seperti dance modern, penampilan band, lomba serta penampilan cosplay dan seguhan budaya Tradisional Jepang seperti adanya penampilan Yosakoi, tari tradisional Jepang, parade Omikoshi yaitu merupakan tandu yang dihias dengan megah menyerupai sebuah kuil yang dipercaya dinaiki oleh roh dari kuil Shinto di Jepang.

Selain itu, rangkaian acara lainnya diantaranya adalah webcomic class untuk menambah wawasan dalam dunia webcomic. Acara ini juga dilengkapi oleh berbagai wahana yang menarik untuk dicoba, diantaranya adalah Games, Maid Cafe, Obake Yashiki (rumah hantu), Yukata Photoboth dimana pengunjung dapat merasakan sensasi menggunakan pakaian tradisional Jepang (Yukata), Rewind, dan juga Shodou Gallery.

Selain itu, akan diadakan Meet and Greet bagi para pengunjung yang ingin menyapa secara langsung Guest Star acara Isshoni Tanoshimimashou 13. Acara ini semakin meriah dengan adanya bazaar komunitas, makanan khas Jepang,bazaar merchandise selama 2 hari. Terakhir, di penghujung acara, semua orang akan menarikan tarian Bon Odori sambil mengelilingi api, dan diiringi dengan Hanabi pesta kembang api yang meriah. (ba)

Budaya jepang tradisional jepang festival Isshoni Tanoshimimashou