Kunjungi Candi Pari, Puti Sampaikan Program Seribu Dewi

josstoday.com

JOSSTODAY.COM - Mengawali roadshow di Kabupaten Sidoarjo, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno mengunjungi situs yang menjadi cagar budaya, yakni Candi Pari, di Desa Candi Pari, Kecamatan Porong.

Dalam kesempatan ini, Puti panggilan akrab Puti Guntur Soekarno bertatap muka langsung dengan warga sekitar. Di sela itu, dia mengenalkan diri maju sebagai Wakil Gubernur Jawa Timur, mendampingi Saifullah Yusuf akrab dipanggil Gus Ipul sebagai Gubernur.

Dia juga menyampaikan, kalau mempunyai program kerja yang menjadi komitmennya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar kawasan wisata.

"Saya mempunyai program untuk pengembangan desa wisata, yaitu seribu dewi atau seribu desa wisata. Situs Candi Pari merupakan sebuah cagar budaya yang harus dijaga dan dilestarikan kebudayaannya," kata Puti, Sabtu (21/4/2018).

Menurut dia, situs Candi Pari merupakan bagian dari salah satu peninggalan sejarah yang tidak boleh dilupakan. Karena, keberadaannya di zaman kerajaan Mojopahit yang menjadi sejarah besar Jawa Timur bahkan Indonesia.

Apalagi, di sekitar dekat Candi Pari ini juga terdapat situs lainnya, yakni Candi Sumur. Keberadaannya dibangun untuk mengenang tempat hilangnya seorang sahabat atau adik angkat dari salah satu putra Prabu Brawijaya.

Disamping itu dalam sejarah Sidoarjo zaman dulu dikenal sebagai pusat Kerajaan Janggala, yang pada masa kolonialisme Hindia Belanda, daerah Sidoarjo bernama Sidokare, yang merupakan bagian dari Surabaya

"Sidoarjo ini mempunyai sejarah, dulunya dikenal kerajaan Jenggolo. Maka di desa ini (Candi Pari) bisa menjadi salah satu program kerja komitmen Gus Ipul dan saya, Mbak Puti untuk menjadi masuk dalam desa wisata," ujar dia.

Selain itu, untuk meningkatkan wisatawan perlu adanya sektor lain yang mendukung. Salah satunya UMKM. Untuk itu, Puti juga menyampaikan program Super Star, yang diperuntukan peningkatan pemberdayaan UKM, membuka lapangan pekerjaan di desa wisata.

"Pelatihan dan pendampingan kita lakukan pada kelompok desa wisata atau pokdarwis, kemudian pelaku sektor UKM yang ada di sekitar desa wisata. Guna menumbuhkan perekonomian warga sekitar desa wisata," ujar dia.

"Tapi program ini tidak akan bisa jalan. Maka jangan lupa, tanggal 27 Juni untuk coblos nomor dua, Gus Ipul dan Mbak Puti yang pakai kerudung merah," katanya. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Gus Ipul Puti Candi Pari Seribu Dewi