Kejurprov Muaythai Jatim Jadi Ajang Seleksi Masuk Puslatda Jatim

josstoday.com

Ketua Harian KONI Jatim, M. Nabil (dua dari kiri) saat membuka Kejurprov Muaythai Jatim 2018 di Lapangan Parkir Gedung KONI Jawa Timur, Surabaya, Kamis (19/4/2018). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Untuk pertama kali, Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Muaythai Jawa Timur 2018 resmi digelar di Lapangan Parkir Gedung KONI Jawa Timur, pada 19-21 April 2018. Ini gelaran pertama setelah terpilihnya Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Muaythai Indonesia (MI) Jawa Timur, The Santoso Tedjo.

Kejuaraan ini mempertandingkan katagori yakni junior (16-17 tahun) dan senior (18-24 tahun). Dengan mempertandingkan 18 nomor sesuai yang akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 Papua. Di mana pada gelaran perdana ini ada 122 peserta yang akan memperbutkan medali emas.

Melihat jumlah peserta itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar (PB) MI, Bachri Santoso mengaku senang karena antusiasme peserta yang baik.

"Ini baru awal saja sudah banyak dan apalagi baru dua yang diperlombakan junior dan senior, ini terbukti Pengcabnya begitu antusias menyambut kejuaraan Muaythai. Apalagi ini baru ada 19 Pengcab, sedangkan Jawa Timur ada 38 pasti akan lebih ramai," katanya saat ditemui usai membuka kejuaraan.

Selain itu, ia meminta agar seluruh peserta dapat bertanding dengan serius dan menampilkan seluruh kemampuannya. "Kita berharap nantinya muncul bibit-bibit baru yang bisa mengharumkan bangsa di kancah dunia," ujarnya.

Hal senada juga diharapkan Ketua Pengprov MI Jatim, The Santoso Tedjo yang berharap akan ada banyak bibit baru yang dapat menjadi aset Jatim untuk ajang multievent nasional bahkan dunia.

"Kita juga menjadikan Kejurprov ini sebagai ajang seleksi untuk diikutkan dalam Liga Nasional di Trenggalek. Nanti akan kita saring lagi untuk kita masukkan dalam Puslatda Jatim proyeksi PON Papua," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Harian KONI Jatim, M. Nabil mengatakan, kegiatan ini akan menjadi energi baru untuk Jatim dalam menyambut PON 2020. Sebab, cabor Muaythai telah disahkan dipertandingkan di PON Papua nanti.

"Ini adalah energi baru, kami ingin Jatim dapat emas di PON, dan semoga kalian dapat mewujudkannya. Jadi berikan kemenangan, dan kalian harus jadi yang terbaik untuk Jawa Timur," ucap Nabil.

Karena itu, ia berharap para atlet dapat mengeluarkan segala kemampuannya agar dapat terlihat kualitas terbaik yang akan dipilih membela Jatim nantinya. (ais)

Muaythai Muaythai Jatim Kejurprov 2018