Kalahkan Pacific, Stapac Buka Peluang Ke Semifinal

josstoday.com

Pemain Stapac Jakarta, Dominic Williams mendapat pengawalan pemain Pacific Caesar di DBL Arena, Surabaya, Jumat (9/3/2018). (Josstoday.com/Fariz Yarbo)

JOSSTODAY.COM - Stapac Jakarta berhasil unggul 1-0 di babak playoff divisi putih Indonesian Basketball League (IBL) 2017 setelah mengalahkan Pacific Caesar Surabaya dengan skor 77-69 di DBL Arena, Surabaya, Jumat (9/3/2018).

Sesuai dengan strategi yang sudah disusun, Stapac langsung tampil menekan sejak tip off dilakukan. Pergerakan cepat dari Dominic Williams disertai aliran umpan-umpan pendek yang dilakukan mampu membuat Pacific kewalahan. Dominic Williams pun tampil menggila di kuarter pertama dengan mencetak 12 poin dari tembakan tiga angka. Stapac pun unggul 24-12.

Di kuarter kedua, Stapac tetap tampil menekan. Dengan strategi yang tak jauh berbeda Andika Ramadhani dkk berhasil unggul cukup jauh 29-16.

Kerap tertekan, pelatih Pacific, Kencana Wukir melakukan rotasi pemain. Anindya, Indra Muhamad, dan Oky Arista sempat berhasil membendung serangan pemain-pemain Stapac, namun tak berselang lama Stapac berhasil kembali menjauh. Stapac pun unggul 38-32.

Usai turun minum, pemain Stapac makin meningkat. Serangan-serangan cepat dipadu dengan permainan bola-bola pendek membuat tim asal Jakarta itu tampil mendominasi permainan. Stapac pun unggul 63-49.

Unggul cukup jauh nampaknya membuat permainan tuan rumah malah menurun. Pacific yang dimotori David Seagers berhasil mengecilkan jarak angka. Namun, hal tersebut tak dapat dimaksimalkan oleh Pacific yang akhirnya menyerah dengan skor 77-69.

Asisten pelatih Stapac Jakarta, AF Rinaldo mengatakan kemenangan hari ini karena para pemainnya dapat menjalankan strategi sesuai harapan.

Tak hanya itu, Stapac pun akan mendapatkan keuntungan di partai kedua besok setelah center Pacific, Anton Waters mendapat hukuman technical foul. "Tak ada dia (Antom Water) bukan berarti akan menang mudah. Kita harus tetap hati-hati dan bermain baik, karena bisa saja mereka besok tampil nothing to lose," ujar Rinaldo.

Sementara itu, pelatih Pacific, Kencana Wukir mengakui keunggulan Stapac. "Stapac memang tampil jauh lebih baik dari kita. Kita terlalu banyak melakukan kesalahan sendiri dan membuat 15 kali turnover yang dimanfaatkan oleh Stapac menjadi 23 poin," aku pelatih yang akrab disapa Kiki itu.

Tampil tanpa Anton Waters di game kedua pun akan menambah beban tim. Meski begitu, ia akan memaksimalkan pemain yang ada. (ais)

Indonesian Basketball League IBL 2018 Stapac Jakarta Pacific Caesar