Gus Ipul Dorong Pengembangan Pertanian Organik

josstoday.com

Gus Ipul berdiskusi dengan pengelola Kebun Jambu Kristal di Batu, Rabu (21/2/2018). (Tim Gus Ipul For Josstoday.com)

JOSSTODAY.COM - Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Saifullah Yusuf mengajak seluruh petani agar dapat menerapkan pertanian secara organik kedepannya.

Menurutnya, dengan menggunakan cara oragnik ini setiap buah maupun sayuran yang dihasilkan lebih tinggi daripada pertanian anorganik.

"Organik, lebih lama panennya, tapi lebih tahan lama," ungkap Gus Ipul sapaan akrab Saifullah yusuf ketika blusukan di Desa Wisata Petik Jambu Kristal Bumiaji, Batu, Rabu (21/2/2018).

Ia pun melihat potensi untuk diterapkannya pertanian organik ini cukup potensial dengan lahan dengan tanah yang bagus. Hanya saja, masalahnya saat ini harga buah dan sayuran organik masih cukup mahal, sehingga tidak terjangkau untuk dibeli.

Menurut dia, hasil sayur-mayur maupun buah-buahan organiknya ini ke depannya akan diminati masyarakat luas. Seiring dengan kesejahteraan masyarakat yang kian meningkat. Terlebih saat ini sudah banyak dikembangkan inovasi-inovasi pendukung pertanian organik ini.

"Dimulai dari penerapan digitalisasi dalam proses produksinya. Semisal dalam tahapan quality control, di sini sudah bisa menggunakan aplikasi. Cukup difoto sudah bisa diketahui kualitas dari sayur ini apakah ada tambahan-tambahan pupuk dan lain lain di luar prosedur," ujar kandidat yang didampingi oleh Puti Guntur Soekarno ini.

Menanggapi itu, Hardi selaku pemilik Kebun Jambu Kristal mengatakan, sebenarnya harga produksi organik itu bisa ditekan. Asal ada gerakan masif untuk meningkatkan angka produksinya. Sesuai hukum dasar perdagangan, ketika supplynya berlipat maka harga barang itu semakin menurun.

"Juga, saya menyarankan adanya sertifikasi petani organik. Karena ini juga dilakukan di negara-negara lainnya," ujar Hardi.

Menjawab itu, Gus Ipul menyakinkan ketika terpilih nantinya ia akan menyediakan kebijakan-kebijakan khusus untuk membantu pengusaha maupun petani hasil organik.

"Seperti yang diminta oleh Pak Hardi, pemerintah memang sudah seharusnya memfasilitasi masalah sertifikasi ini. Juga tentunya masalah perizinan dan permodalan untuk merangsang munculnya kelompok tani organik seperti Bumiaji ini," pungkasnya. (ais)

Pilgub Jatim 2018 Gus Ipul Pertanian Organik